Menu

your blog banner

Ramadhan di Perantauan Kota bengkulu

/ / 20 Comments
Ramadhan di Perantauan Kota bengkulu
Ramadhan di Perantauan Kota Bengkulu

As-salаmu’аlауkum warahmatullahi wabаrakаtuh

Hау Sobat, Bagaimаna рuaѕanуа? Sеmоga mаѕih lancar dаn tidak bolong ya..
Harі ini Senin, 12 Juni 2017 ѕudаh memasuki puаѕa yаng kе 17 bulаn Rаmаdhan. Artіnуa kitа sudah mеlаlui ѕeрaroh lebіh 2 harі sаmpаі dеtіk ini ya..

Bulаn rаmаdhan merupakаn bulаn yаng ѕеlalu dinantikan ѕеtiap orang muslіm, di mаnаpun kebеradaаnnуa entah іtu di Erорa, dі Aѕіa, ataupun di Afrika, mеrеka selаlu menatikan bulаn yang mulia іnі. Karenа di dalаm bulаn rаmаdhan terdарat banyak hіkmаh, раhala, dan diampunі doѕanуа bаgі уаng mеlаksаnаkan puaѕа.

Puаѕa rаmаdhan meruраkan suatu kеwајibаn уаng jelaѕ kаrеna ini meruрakаn реrintаh Allаh ѕubhаanаhu wа ta’aalaa уаng terdаpаt dalаm kіtаbullah, Sеbаgaіmаna dаlаm firman-Nyа (уаng artinуа) :

“Haі orаng-orаng уаng bеrіman, diwajibkan ataѕ kaliаn berрuaѕа ѕebаgaіmаna dіwaјibkan atas orang-orаng ѕеbelum kalian agar kаlіan bеrtаkwa, (yaitu) dаlаm beberaрa hаrі yang tеrtеntu. Makа barang ѕiарa diantarа kalian adа уаng ѕаkit atau dalam perјalanan (lalu іа bеrbukа), mаkа (wajіblаh baginуа bеrpuаsa) sеbanуаk hari уаng ditinggаlkаn itu раda harі-harі уаng lain. Dаn wajіb bagi оrаng-orang уаng bеrаt menjalankannya (јіka mеrеka tidаk bеrpuаsa) mеmbаyar fidyah, (уаitu): memberі mаkаn seоrаng mіѕkin. Bаrangsіapa уаng dengan kеrеlaan hаtі mеngеrjakan kebaјikаn, maka іtulаh yang lеbіh bаіk bаgіnyа. Dаn bеrpuаsa lеbіh baik bаgі kalian јіka kаlіan mengеtahuі. (Bеberарa hаrі yang dіtеntukan іtu ialаh) bulаn Ramadhаn, bulаn yаng dіdalаmnya dіturunkаn (pеrmulааn) Al-Qur`аn sebagai реtunjuk bаgі manuѕiа dan pеnјelаsan-рenjеlаsan mengеnаi реtunjuk itu dan pembeda (аntаra yаng hаk dаn уаng bаthіl). Kаrеna itu, bаrangsіapa di аntаra kаlіan hаdіr (di negerі tеmрat tinggalnуа) di bulan itu, mаkа hеndаklah ia bеrpuaѕа раda bulan itu, dаn barangѕiаpа ѕаkit аtаu dаlаm pеrjаlаnаn (lаlu ia bеrbukа), maka (wajіblаh bаgіnya berpuаsа), sеbanуаk harі yаng dіtіnggalkannyа itu, padа hаrі-harі уаng lаіn. Allah menghendakі kemudahаn bаgі kalian, dan tіdаk mеnghеndakі kеѕukaran bagi kaliаn. Dan hendaklаh kаlіan mencukupkan bilangannya dаn hеndаklah kaliаn mеngаgungkan Allаh аtаs petunјuk-Nyа уаng dіbеrikan kерadа kalian, ѕupaуa kаlіan bersyukur.” (Al-Bаqаrah:183-185)

Rаѕulullah shаllаllahu ‘аlаihі wа sallаm bersаbdа:
“Iѕlаm dіbаngun dі аtаs lіmа hal: berѕakѕі bahwaѕanya tіdаk аdа Tuhan yang berhаk dііbadahi kecuаlі Allаh dan bahwaѕanya Muhаmmаd аdаlah utuѕаn Allah, mendirikаn ѕhаlat, mеnunаikan zаkаt, berрuaѕа раda bulаn Rаmаdhan dаn hајi ke Baitullah.” (Muttаfаqun ‘аlаih dari Ibnu ‘Umar)

Puаѕa merupakan kеwаjiban bagі ѕеtіaр muslіm, bagі ѕіapa yang tidak melaksanаkаnnуа makа іа berdоѕа dаn di аzаb olеh Allаh ѕubhaanаhu wа tа’aalaа. Dan barаng sіaрa melakѕanakannya kаrena Allаh makа iа akаn mendарat pаhаlа ѕеrtа аmрunаnnyа. Kаrеnа di bulаn іnіlаh pіntu rahmat, pіntu surga di bukа lebаr-lеbаr dan ѕebalіknyа pintu nеrakа di tutup rapаt-rapat dаn para ѕetаn dіbеlеnggu.

Kеmbalі lagі ke rаmаdhan yang sudаh kita laluі, rаmаdhаn 1438H ini tеrasa berbeda bagi sаyа, karena melаksаnakаn puasa  di Perantauan Kota bengkulu yаng jаuh darі kеluargа, karena masih study di universitas bengkulu, sеhіnggа sеgаlа bekаl untuk berbukа mauрun sаhur haruѕ mempеrѕіaрkаn sеndіri, baіk belі lauk di wаrung atаu memаѕak sеndirі.

Ramadhan di Perantauan Kota Bengkulu

Ramаdhan 1438H ini jugа terаѕа berat untuk ku, karena sауа sudаh bеberapa kalі droр alіаs ѕakіt, bahkаn ѕаmрai bеrоbаt ke рuѕkeѕmas unib dераn karеna kondіѕі demаm yаng tinggi. Saat bеrоbat sаyа dіѕuntіk, walau waktu іtu sауа mеnolak untuk dі suntіk kаrеnа puаѕa, tapi demi kеѕеhatаn tidаk apalah mеlakukаn suntik tоh kondiѕinya darurаt.

Wаlauрun kоndisi badаn sakit, mulut terasa pahit dan nafsu makan kurang, kitа tetаp haruѕ bеrpuasа, јіkа tidаk mampu maka bаru deh berbukа ѕebеlum wаktunya, dаn аlhamdulillаh ѕampaі detіk ini puаѕa sауа bеlum ada yаng bolоng dan semoga lаncar ѕаmрaі akhіr rаmаdhаn dаn mendаpаtkan ridhо-Nуа. Aamіin

Ramаdhan di bengkulu bukаn kalі pertama buаt saya, kаrеna sаyа sudаh 4 tаhun mеnjadі wargа kandаng lіmun, јаdi sudаh akrаb dengаn wargа sеkіtаr tеrutama jаmaаh Maѕјіd Al-Hikmаh yаng ramаh dan sаntun.

Ramadhan di Perantauan Kota Bengkulu

Setіар harі di mаsjid inі mengаdаkаn bukа bеrsamа. Tаkjіl bukaаn darі рemberiаn wargа yаng sеtiаp ѕоrе mеngantarkаnnyа. Sеmogа yаng mеmbеri bukaan puаѕа dibеrіkаn gаnjarаn pаhаla olеh Allah ѕubhaanаhu wa ta’aalaa dan dі аmрuni dosа-dоѕanуа.

Rаѕulullah shаllаllahu ‘аlаihі wа sallаm bersаbdа:
“Barаng sіaрa yаng berрuаѕa Rаmadhаn karena iman dаn bеrharaр рahala maka akаn diаmрunі dosаnyа yang telаh lalu.” (HR. al-Bukhari dаn Muslіm darі shаhаbat Abu Huraіrah)

Dіsisа bulаn ramаdhan 1438H inі, marі kitа ѕemakin mеningkatkаn ketаatаn kеpadа Allah, mеmрerbаnуаk baсa Al-Qur’аn, Bеrshodaqоh, dan berbuat baik keрadа ѕesamа manuѕіa.
Jadіkan momеntum Rаmаdhаn ѕebagai langkаh awаl untuk mеmpеrbaikі kеimanаn dаn ketаkwaаn keраda Allаh. Kemudіan diјadіkan bekаl dalаm mеnjalanі kеhidupan yаng akan dіlalui di mаsа mendаtang.

Semoga puаѕа dan amаl іbadah kitа dibulаn rаmаdhаn inі ditеrіmа olеh Allаh subhааnаhu wa ta’aаlaа dan mendарat Ridho-Nya. Aаmiіn yа rabbаl ‘аlаmin

Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan Blogger Bengkulu dalam #NulisSerempak tentang #RamadhandiBengkulu

Masjid Al-Hikmah Kandang Limun Bengkulu yang Ramai Jama'ah

/ / 35 Comments
Masjid Al-Hikmah Kandang Limun Bengkulu yang Ramai Jama'ah
Masjid Bengkulu, Masjid Bersejarah di Bengkulu, Masjid Al-Hikmah Kandang Limun, Bengkulu

As-salamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Masjid merupakan tempat yang dibangun untuk beribadah, Seperti sholat, berzikir, membaca Qur’an, pengajian atau hal-hal yang berkaitan dengan ibadah kepada Allah subhaanahu wa ta’aalaa. 

Mayoritas warga Indonesia adalah penganut ajaran islam, angkanya mencapai 85%. Sehingga bangunan masjid ada di mana-mana dan letaknya pun sangat sangat berdekatan.

Di tempat inilah kaum muslimin berkumpul, baik yang kaya maupun yang miskin, pejabat maupun rakyat biasa, ulama ataupun orang awam, tidak ada yang membedakan derajat manusia kecuali tingkat ketakwaan kepada Allah subhaanahu wa ta’aalaa.

Oleh karena itu, masjid merupakan tempat yang paling strategis untuk meningkatkan ilmu, amal, dan ukhuwah umat islam. Semoga kita termasuk orang yang selalu memakmurkan masjid. Aamiin..

Berbicara mengenai masjid, kali ini kumaseo akan mengulas tentang Masjid Al-Hikmah Kandang Limun, Bengkulu. Masjid ini merupakan sentralnya masjid di Kelurahan Kandang Limun. Pasalnya, tempat yang begitu stategis dan dekat dengan lapangan bola, menjadikan masjid ini ramai kaum muslimin yang ingin menunaikan ibadah apabila waktunya tiba. Masjid ini beralamat di Jln. WR Supratman RT.19 tepatnya di Gang menuju kantor lurah Kandang Limun.

Masjid Al-Hikmah Kandang Limun ini didirikan pada tahun 1992 diatas tanah wakaf bapak alm Badit Bancoalam. Beliau seorang muhammadiyah dan masjid ini berdiri untuk warga kelurahan Kandang Limun/umum yang ingin beribadah. Artinya tidak memandang apakah NU, Muhammadiyah dan lainnya. Setiap orang yang ingin beribadah dipersilahkan.

Masjid Al-Hikmah Kandang Limun ini diketuai oleh bapak H Samanudi dan juga sekaligus imam masjid ini. Sejak artikel ini dibuat beliau masih dipercaya masyarakat untuk memimpin kepengurusan Masjid Al-Hikmah Kandang Limun.

Masjid Bengkulu, Masjid Bersejarah di Bengkulu, Masjid Al-Hikmah Kandang Limun, Bengkulu

Dari segi bangunannya Masjid Al-Hikmah Kandang Limun ini sama seperti masjid lainnya, yang membedakan adalah arsitektur didalamnya. Dan masjid ini mempunyai dua kamar untuk penjaga masjid atau marbot. Sehingga jika waktu sholat telah tiba maka para penjaga majid inilah yang mengumandangkan azan. Marbot di masjid ini ada 4 orang mahasiswa yang salah satunya adalah ketua UKM K Unib. Saya pun sering menjadi muazin disini karena sudah kurang lebih empat tahun saya hidup bermasyarakat di lingkungan kandang limun ini dan kebetulan kosan saya dekat Masjid Al-Hikmah Kandang Limun.

Masjid Al-Hikmah Kandang Limun juga merupakan tempat berkumpulnya organisasi kerohanian unib. Sering sekali para mahasiswa yang tergabung dalam organisasi kerohanian mengadakan acara disini seperti taujih, iftor (buka bersama), mabit dan kegiatan kerohanian lainnya.

Di Masjid ini juga dilakukan Pengajaran Al-Qur’an setiap hari senin-kamis pukul 15.30 sd selesai dan jumlah anak yang mengikuti pengajaran ini banyak sekali hingga pengajar didiknya ada 4 orang.

Masjid Bengkulu, Masjid Bersejarah di Bengkulu, Masjid Al-Hikmah Kandang Limun, Bengkulu

Terlebih saat ini, memasuki bulan ramadhan Masjid Al-Hikmah Kandang Limun sudah pasti ramai sekali oleh jama’ah yang ingin melaksanakan sholat tarawih dan sholat fardu lainnya. 

Begitu juga anak-anak yang antusias sekali ke masjid karena ada absensi yang nantinya akan mendapat uang THR dari Bang Ken saat mau lebaran tiba. Beliau dalah anggota DPD RI dengan nama lengkapnya Ahmad Kenedy.Mirip nama saya ya Ahmad Kumaedy, Semoga bisa sukses juga seperti beliau. Aamiin
Beliau orang yang ramah, apalagi istrinya yang selalu mensuport kegiatan keagamaan di masjid ini, bahkan remaja masjid yang ingin melaksanakan kegiatan tapi tidak punya dana, beliau siap membantu.

Masjid Bengkulu, Masjid Bersejarah di Bengkulu, Masjid Al-Hikmah Kandang Limun, Bengkulu

Disetiap bulan ramadhan Masjid Al-Hikmah Kandang Limun ini juga mengadakan buka bersama setiap harinya sehingga menambah kecerian di bulan ramadhan, banyak sekali pemuda yang ikut buka bersama terutama anak kos seperti saya,, hehehe

Selain itu, sebelum pelaksanaan sholat tarawih diadakan kultum yang disi oleh Ustad-ustad dari IKMI-Bengkulu. Sehingga menjadikan bulan ramadhan menjadi bermakna dengan adanya pencerahan-pencerahan ilmu dari yang disampaikan ustad.

Saat hari raya, pelaksanaan sholat Idul Fitri maupun Idul Adha dilakukan di lapangan bola, disamping masjid. Ini dilakukan karena jama'ah yang banyak dari satu kelurahan Kandang Limun berkumpul jadi satu disini, sehingga panitia harus mempersiapkan lebih awal untuk pelaksanaan sholat Id.

Begitulah kondisi Masjid Al-Hikmah Kandang Limun yang begitu ramai jama’ah. Semoga dihari hari selain bulan ramadhan keramaian beribadahnya semakin meningkat dan tidak berkurang.

Semoga kita termasuk orang yang selalu memakmurkan masjid, karena memakmurkan masjid merupakan ciri orang-orang yang beriman dan masih banyak pahala-pahala yang senatiasa diraih di rumah yang suci ini. Rumah Allah subhaanahu wa ta’aalaa. 

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam,


“Barangsiapa pergi ke masjid dan kembali (darinya), Allah akan menyediakan tempat baginya di al jannah setiap ia pergi maupun kembali.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Demikianlah ulasan yang dapat kumaseo berikan kali ini menengenai Masjid Al-Hikmah Kandang Limun yang Ramai Jam’ah untuk melaksanakan kewajiban beribadah kepada Allah subhaanahu wa ta’aalaa. 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tulisan Inі dibuat untuk mеnjawаb tаntаngan Blоggеr Bеngkulu dalam #NuliѕSerempak tеntаng #MasjiddiBengkulu

Bengkulu Mountain Coffee "Kopi Robusta Petik Merah"

/ / 18 Comments
Bengkulu Mountain Coffee "Kopi Robusta Petik Merah"
Kopi Bengkulu, Kopi Robusta Petik Merah

As-salamu’alaykum…
Hay Sobat, kali ini kumaseo akan mengulas tentang Kopi Bengkulu.

Minuman kopi identik dengan kaum pria, tapi wanita juga banyak lho yang gemar minum kopi. Pasti sobat semua sudah pernah mencoba minum kopi bukan? 

Kopi merupakan minuman hasil seduhan biji kopi yang telah diolah menjadi bubuk kopi. Dari jenis/varietasnya pohon kopi yang di kenal masyarakat umumnya jenis Kopi Robusta dan Kopi Arabika.

Ngomongin soal kopi, Indonesia adalah surganya kopi, karena wilayahnya yang begitu luas ditambah lahan yang subur menjadikan pohon kopi tumbuh di berbagai daerah indonesia salah satunya adalah provinsi Bengkulu

Bengkulu adalah salah satu provinsi yang dengan produksi kopi terbesar di Indonesai selain lampung dan Sumatra Selatan. Menurut Badan Pusdat Statistik (BPS) tahun 2016 mencapai 66.999 petani kopi yang tersebar di 10 kabupaten/kota Bengkulu dengan produksi mencapai 55.168,9 ton. 

Banyaknya kopi menjadikan para Pelaku Usaha Kopi mengembangkan inovasi dalam pemasarannya dan menjadikan nilai jual kopi menjadi tinggi, sehingga keuntungan dari produsen kopi bisa meningkat. Salah Satunya adalah “Kopi Robusta Petik Merah”. 

Kopi Robusta Bengkulu memang masuk jajaran kopi terbaik Indonesia. Pasalnya, dalam ajang AEKI AICE Coffee Contest tahun 2016 yang di selenggarakan oleh Asosiasi Ekspotir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI), Kopi Robusta dari Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu masuk dalam 15 Kopi Terbaik Indonesia.

Kopi Robusta Petik Merah sendiri merupakan produk dagang Bengkulu Mountain Coffee (BMC), Kopi ini terbuat dari biji kopi Kopi Robusta Petik Merah pilihan dari dataran tinggi Bengkulu, diolah dan diproses secara modern menjadian aroma kopi yang lebih harum, nikmat dan mantap.

Cara Penyajian Kopi

Untuk penyajian kopi masing-masing orang mempunyai cara tersendiri, karena takaran kopi yang di nikmati tiap orang berbeda. Namun Berikut kumaseo berikan Cara Tradisional Penyajian Kopi:
  1. Masukkan bubuk kopi 1-1,5 sendok teh kedalam gelas
  2. Tambahkan gula secukupnya atau bisa mengunakan susu kental untuk mengasilkan rasa yag enak
  3. Masukkan air panaske dalam gelas, Namun usahakan jangan terlalu panas saat air mendidih ya
  4. Aduk secara merata dan diamkan beberapa menit
  5. Taraaanggg,, Kopi siap dinikmati
Namun di beberapa kedai sudah menyajikan secara modern dengan alat yang yang canggih sehingga men ghasilkan rasa kopi yang jauh lebih enak di bandingkan cara tradisional.

Nah, jika Sobat dapat membeli produk Bengkulu Mountain Coffee “Kopi Robusta Petik Merah” ini di Jln. jambu Blok 3 No. 48 Prumnas Lingkar Timur Bengkulu
Hp: 081977044811
Diproduksi oleh: CV. JAWARA FOOD

Kopdar Blogger Bengkulu dan Popularkan Kopi Bengkulu

/ / 8 Comments
Kopdar Blogger Bengkulu dan Popularkan Kopi Bengkulu
Kopdar Blogger, Kopdar Blogger Bengkulu

As-salamu’alaykum….
Hay sobat blogger, apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat ya, karena nikmat sehat merupakan nikmat yang tiada tara oleh karena itu wajib setiap orang untuk mensyukuri nikmat yang di berikan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Coba bayangkan jika sobat sakit, pasti tidak bisa beraktivitas seperti melakukan pekerjaan yang biasa di kerjakan atau melakukan aktivitas lain. Untuk itu kumaseo selalu mengajak untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga rutin dan mengkonsumsi makanan-makanan sehat iya..

Langsung saja ya sobat, kali ini kumaseo ingin mengulas tentang Kopdar Blogger Bengkulu yang diadakan pada Minggu, 21 Mei 2017. Kopdar Blogger ini sejatinya merupakan agenda rutin di setiap bulannya yang dilakukan komunitas Blogger Bengkulu. 

Kopdar ini merupakan kopdar yang ke-3 yang kumaseo ikuti sejak bergabungnya saya di Komunitas Blogger Bengkulu. Disetiap kopdar akan ada ulasan dari kumaseo, namun kali ini agak sediit terlambat, karena seminggu sebelum puasa ramadhan saya pulang kampung alias mudik sehingga baru membuat uasannya.

Kopdar Blogger Bengkulu ini sejatinya sudah yang ke-10 sejak didirikannya. Udah lama bukan? Disetiap kopdar juga punya cerita tersendiri dan tema yang berbeda-beda disetiap pertemuannya. Sobat dapat membaca keseruan Kopdar Blogger Bengkulu Ke-VIII dan Kopdar Blogger Bengkulu April 2017 Seru dan Asyik.

Pada Kopdar kali ini Blogger Bengkulu digandeng oleh Disperindag Provinsi Bengkulu sehingga kopdarnya bertempat di kantor Disprindag yang beralamat di Jln S. Parman Kel. Padang Jati Kota Bengkulu. 

Tema yang di usung kali ini adalah “Menuju Konfrensi Kopi Dunia di Bengkulu”. Tema ini diangkat karena gagasan Gubernur Bengkulu Bapak Ridwan Mukti yang ingin menjadikan Kota Bengkulu sebagai Surganya Kopi.

Memang benar, Bengkulu adalah salah satu provinsi yang dengan produksi kopi terbesar di Indonesai selain lampung dan Sumatra Selatan. Menurut Badan Pusdat Statistik (BPS) tahun 2016 mencapai 66.999 petani kopi yang tersebar di 10 kabupaten/kota Bengkulu dengan produksi mencapai 55.168,9 ton. 

Kopdar ini dihadiri oleh bapak Lierwan selaku Kadis Perindag Bengkulu, yang menekankan pentingnya para Blogger dan media digital untuk mempopularkan Kopi Bengkulu di kancah nasional hingga internasional. Yang juga merupakan rencana bapak Gubernur Bengkulu yang berencana menggelar “Kopi Robusta Bengkulu Menuju Konfrensi Kopi Dunia” dengan Bengkulu sebagai tuan rumahnya.

Kopi Bengkulu

Dalam pertemuan ini juga terjalin Komitmen antara Bloger Bengkulu, Deperindag, Pelaku Usaha Kopi dan Media Center Bengkulu untuk saling membantu dalam memperkenalkan dan meningkatkan pemasaran Kopi Bengkulu yang memang sudah memiliki kualitas dunia.

Diantaranya Pelaku Usaha Kopi yang turut hadir yaitu: Edu Coffee, Villco, Sintaro, Kopi Redjang, Bengkulu Mountain Coffee, Trabas dan Konakito Coffee. Sebenernya masih banyak varian kopi lainnya yang ada di Bengkulu. Namun merekalah yang hadir pada pertemuan kali ini. Mereka memaparkan produk usahanya dari segi ekonomis dan keunggulannya.

Jejak Aktivis

Juga dibagikan kepada seluruh peserta blogger yang hadir sebuah buku yang berjudul “Jejak Aktivis Konsistensi Perjuangan Idealisme” Buku ini menceritakan betapa pengaruhnya pendidikan, tauladan dan ketokohan yang diberikan para pendidik (dosen) hingga mempengaruhi sikap dan prilaku mahasiswa, dan terus dipertahankan hingga mereka meniti karir. 
Dan juga dapat menjadi salah satu tolak ukur untuk melihat kemajuan bangsa indonesai. Kаrena di buku “Jејak Aktіvis” іnі kitа dаpat melіhаt konsistensi, kоmіtmen keреduliаn, dаn рerјuangan tаnрa hеnti рara aktivіs untuk mеngabdіkаn dіrіnуа pаdа іndоnesіa, ѕejаk merеkа maѕіh mеnjadі mаhasіѕwа hіngga kіnі mеndudukі jabаtan рublik atau mеnjadі рrofeѕiаnal dі bіdаngnуа.

Diakhir acaara Kopdar Blogger Bengkulu diisi dengan sharing tentang Vlog dan Video Motion Grafis, sesi ini saya sendiri yang mengisi, saya sempat binggung saat diberitahu mbak Milda kalau saya yang mengisi sesi ini. Kalau di jadwalkan itukan dari Media Center yang ngisi sesi ini. Diberitahu mendadak pula..(tepuk jidat deh, hehehe)

Karena saya sendiri belum pernah nge-Vlog jadi saya usulin aja sama mbak Milda kalo yang ngisi sesi ini mas Prio saja, beliau kan yang main Vlog. Nah kog saya yang jadi coach disesi ini. 
Haduuh, gak ada persiapan apapun jadi saya bingung bagaimana menjelaskannya. 

Akhirnya saya isi sharing aja Cara Membuat Video Motion Grafis, kebetulan saya punya sofware Video Maker FX jadi saya manfaatin aja yang ada. Sofware ini sofware berbayar, saya membelinya 100 ribu waktu itu ketika aktif di dunia per-youtuban. Walaupun sekarang tidak se-aktif dulu namun saya masih main youtube juga. Karena menjadi youtuber sekarang berbeda degan yang dulu, dulu mudah sekali memperoleh dolar, tapi sekarang semenjak banyak peraturan dan algoritma youtube yang sulit jadi banyak juga para youtuber yang beralih ke yang lain untuk mendapatkan uang salah satunya ya ngeblog kembali seperti saya.

Walaupun saat mengisi sesi ini saya kurang pede, dan alurnya kesana-kesini, Semoga apa yang saya bagi dapat bermanfaat ya buat Sobat BoBe. Saya juga mohon maaf kalau banyak yang tidak mengerti dari apa yang saya jelaskan. Semoga kedepannya bisa menjadi lebih baik.. Aamiin

Demikian ulasan yang dapat kumaso berikan mengenai Kopdar Blogger Bengkulu Yang Ke-10Semoga kedepannya BoBe lebih banyak lagi anggotanya dan semakin eksis di dunia kepenulisan blog. Aamiin.

Terimakasih.. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Semangat Ngeblog Itu Muncul Kembali

/ / 25 Comments
Semangat Ngeblog Itu Muncul Kembali
kumaseo.com, Semangat Ngeblog Itu Muncul Kembali

As-ѕаlаmu'alaykum,,,,
Hay sobat, kali ini kumaseo mencoba berbagi cerita ngeblog pertama kali sampai melang-lang buana menjadi youtuber hingga akhirnya ngeblog lagi.

Sebenarnya saya mengenal dunia blogging ini sudah lama yaitu pertengahan tahun 2015 dari salah satu teman saya. Namun karena saya gaptek sekali tentang blog, bahkan belum tahu, jadi yang dijelaskan teman saya tadi tidak dapat saya mengerti, bahkan membuat saya pusing. Karena saya kalau online bukanya fb dan youtube. Yaah seputar itu saja dan browsing untuk tugas kuliah. Tidak terpikir untuk ngeblog. 

Dan temen saya ini terus saja menceritakan pengalaman ngeblognya, saat mendapatkan hadiah dari kontes blog, sampai bergajian dari adsense, sehingga membuat saya semakin penasaran. Kog bisa ya? 

Dari sinilah saya semakin kepo tentang ngeblog. Dan mencari tahu di internet dengan mengetik “cara menghasilkan uang di blog”. Setelah saya baca-baca dari beberapa artikel, ini membuat kepala saya semakin pusing. Membuat blog saja tidak bisa, apalagi mendesain tampilan dan sebagainya. 

Namun karena rasa ingin tahu saya begitu besar, jadi saya mencoba membuat blog dengan paduan yang ada di youtube. Ehh, ternyata berhasil juga. Saat blog sudah siap dan dengan tampilan yang minimalis karena mengunakan templates bawaan blogger dan saya mulai mengisinya dengan artikel. Saat itu saya masih kopi paste dari blog yang tulisannya bagus. 

Selama kurang lebih 2 bulan saya ngeblog dan saya ceritakan ke teman saya tadi kog blog saya tidak dapat menghasilkan uang? 
Dia menjawab santai,

“Ya jelaslah gak dapat uang, itu blognya masih kopi paste dan tidak memenuhi persayaran pengiklanan google”. 

Dari situlah saya mulai fustasi untuk ngeblog, udah susah, gak dapat apa-apa lagi. Kemudian saya memutuskan untuk tidak melanjutkan aktifitas ngeblog lagi.

Waktu begitu cepat berlalu, di awal tahun 2016 saya mencoba keberuntungan saya di dunia youtube untuk menjadi youtuber. Aktivitas editing video merupakan salah satu hobi saya. Saya membuat video-video slide yang powerfull dan berbagai video lainnya. 

Video-video tersebut saya upload di beberapa channel yang saya miliki. Menjadai youtuber pun sangat susah sekali untuk mendapatkan uang. Namun saya tidak menyerah karena berbekal dari hobi saya ini. Untuk menunjang editing saya, saya membeli beberapa sofware animasi grafis di antaranya Video Scribe, Video Maker FX, dan Easy Sketch Pro sehingga membuat hasil kreasi video saya semakin bagus. 

Selama 6 bulan berjalan akhirnya saya mendapatkan uang dari video yang saya upload di youtube. Google adsense saya sudah memenuhi ambang untuk di ambil. Bahagianya saya ketika menerima transferan dari google adsense.
Semangat dalam diri yang berkobar tinggi, hingga membuat saya sering begadang hingga larut malam untuk membuat video. Dan ternyata benar, semakin banyak video yang saya upload semakin banyak uang yang masuk di dasbord adsense.  Akibat keseringan begadang, sehingga ketika kuliah pagi saya mengantuk, sempat juga ditegur dosen karena tertidur saat kuliah sedang berlangsung dan tugas kuliah pun saya sering minjam punya teman.

Menjadi youtuber ini tidak berlangsung lama, saya hanya merasakan 6 kali gajian dari adsense kisarannya pun berbeda-beda 1,5 juta sampai 2 jutaan. Namun saya merasa bangga waktu itu, karena menjadi mahasiswa yang punya penghasilan dari internet.

Malang nasibku menjadi youtuber, tepatnya di bulan Desember 2016, youtube melakukan update algoritma yang berimbas pada channel-channel yang saya buat terkena suspen. Ini terjadi bukan pada saya saja, banyak sekali teman-teman di group youtuber indonesia yang juga terkena imbasnya. Tidak tau pasti apa penyebabnya, mengajukan banding pun ditolak walau ada yang berhasil di terima. Dari 5 channel yang saya urus hanya 1 yang berhasil di selamatkan. 

Saya kembali membuat channel lagi dan mulai saya mengisi video. Namun channel-channel yang saya buat tidak berumur lama, hanya 2 bulanan kemudian terkena suspen kembali dengan teguran melanggar pedoman komunitas. Waktu yang saya habiskan untuk membuat video ternyata sia-sia saya pun tidak semangat lagi untuk membuat video.

Saya sempat vakum diinternet, yang saya buka hanya fb untuk melihat pemberitahuan dari temen-temen. Entah secara sengaja atau tidak, saya menemukan bahwa ada komunitas blogger di Bengkulu. Saya tahu dari salah satu temen fb saya yang mengupload foto kopdarnya. Entah itu kopdar yang ke berapa saya kurang tahu. Mulailah saya cari tahu dan ternyata sudah ada yang membuat groupnya di fb. Kemudian saya join di group Komunitas Blogger Bengkulu. Ternyata di komunitas ini sering mengadakan acara kopdar bahkan tiap bulannya.

Blogger Bengkulu, Kopdar Blogger, Kopdar Blogger Bengkulu

Dari sinilah timbul semangat saya untuk memulai ngeblog lagi. Dengan mengikuti kopdar pertama saya sebagai seorang blogger. Pada waktu itu ternyata Kopdar Blogger Bengkulu yang sudah ke-8. Wah ternyata sudah berjalan 8 bulan yaa…

Saya banyak mendapatkan teman baru disini yang hobi ngeblog. Mereka adalah teman yang baik, karena setiap ada info job, selalu di beritahukan ke anggota lainnya. Telebih lagi ternyata yang mengetuai dan mendirikan ini adalah mbak Mildaini. Beliau merupakan mom blogger dan penulis buku. Bahkan buku karyanya pun banyak sekali. Sehingga beliau inilah yang menyemangati saya dan temen-temen di komunitas Bloger Bengkulu untuk lebih produktif menulis. 

Menulis bukan perkara mudah bagi saya, karena butuh konsentrasi dan alur yang tepat sehingga tulisan kita bisa bermakna dan menarik untuk dibaca. Nah inilah problem yang saya hadapi. Semoga dengan berjalannya waktu saya bisa semakin aktif menulis, baik menulis review, lomba blog ataupun yang lainnya.

Walapun usia blog saya ini masih berumuran jagung, namun saya memberanian diri untuk mengikuti lomba. Dan inilah salah satu lomba yang pertama kali saya ikuti sebagai seorang blogger untuk ulang tahun ke-6 tahun Warung Blogger. Semoga Warung Blogger menjadi lebih baik dari tahun ke tahun, semakin eksis, dan semakin jaya. Salam Sukses Selalu (S3)

“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog ulang tahun ke-6 tahun Warung Blogger

ulang tahun ke-6 tahun Warung Blogger

Cara Membayar Pajak Kendaraan di Gerai Samsat MegaMall Bengkulu

/ / 2 Comments
Cara Membayar Pajak Kendaraan di Gerai Samsat MegaMall Bengkulu
Cara Membayar Pajak, Cara Membayar Pajak Kendaraan, Cara Membayar Pajak Motor, Cara Membayar Pajak Mobil, Langkah-langkah Membayar  Pajak

Cara Memperpanjang/Membayar Pajak Kendaraan di Samsat - Membayar pajak sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang yang memiliki kendaran, baik itu motor ataupun mobil. Sebagai Warga Negara yang baik tetunya harus taat akan peraturan hukum salah satunya dengan membayar pajak. Membayar Pajak kendaraan dilakukan setiap tahun sekali. Untuk melihat kapan jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan, sobat bisa melihatnya di STNK yang tertera.

Pada kesempatan kali ini kumaseo akan berbagi pengalaman mengenai bayar pajak motor di Gerai Samsat MegaMall Bengkulu. Bayar pajak ini sebenarnya sangat mudah dan gampang kalu semua persyaratannya lengkap, tapi ya proses antrinya itu lho yang bikin ngeeh..

Tanggal 10 Mei 2017 saya datang ke Gerai Samsat MegaMall Bengkulu, saya datang agak siangan sih sekitar jam 10.30 pas lihat antriannya,,, MasyaAllah,, Sampai sampai kursi tunggunya penuh bahkan banyak yang berdiri untuk mengantri Bayar Pajak

Waktu itu saya tidak membawa KTP Asli pemilik kendaraan. Karena ini motor kakak saya jadi yang tertera dikendaraan atas nama kakak. Jadi saya langsung tanya saja sama petugas samsat.

Dari pihak samsat sih tidak mempermasalhkan itu KTP Asli atau photocopy yang penting kan identitasnya jelas dan punya uang untuk membayar pajak.

Karena saya tidak membawa KTP Asli pemilik kendaraan, maka saya disuruh tanya langsung sama petugas kepolisian yang bertugas disana. Kata beliau kalo tidak membawa KTP Asli yang tertera di kendaraan tidak bisa membayar pajak. Duuh, saya bingung karena batas jatuh temponya tinggal 2 hari. Dan hari besoknya itukan tanggal merah.

Dalam pikiran saya teringat cerita kawan, kalo bayar pajak atau perpanjangan STNK, bisa melaui calo (pihak ketiga) tapi ya pasti minta uang admin lah ya kalau pake calo. Masa saya yang mau bayar pajak kendaraan kakak saya gak bisa.

Bahkan saya sempat disuruh pulang sama petugasnya untuk datang lagi hari berikutnya dan membawa KTP Asli si pemilik kendaraan. Karena rumah saya jauh yaitu di Putri Hijau maka tidak memungkinkan saya untuk pulang, hanya untuk mengambil KTP kakak. Toh kalau saya pulang pasti tidak bisa pulang pergi (pp)  kan ya. Dan pasti akan terlambat dari jatuh temponya.

Saya meyakinkan petugas ditlantas yang bertugas disana kalau saya mahasiswa dan lagi banyak tugas kuliah, jadi saya mohon keringanan dan bantuannya untuk bayar pajak motor yang saya pakai ini. Bahkan saya mau menelpon kakak saya untuk meyakinkan petugasnya.

Petugas ditlantas yang ada disana berjumlah 2 orang. Nah karena saya sudah berdiri agak lama, ditanya ini itulah. Akhirnya saya diperbolehkan membayar pajak dengan syarat tidak mengulangnya lagi. Alhamdulillah akhirnya bisa…

Saya langsung mengumpulkan berkasnya pada petugas samsat dan menunggu anrtian pangilan pembayaran. Prosedur atau Langkah-langkah Membayar Pajak cukup mudah yaitu:

Cara Membayar Pajak, Cara Membayar Pajak Kendaraan, Cara Membayar Pajak Motor, Cara Membayar Pajak Mobil, Langkah-langkah Membayar  Pajak


Syarat Bayar Pajak Kendaraan


Kendaraan Pribadi:
  1. STNK Asli
  2. Bukti Pembayaran Terakhir (SKPD)
  3. KTP Asli atau SIM Asli dan Foto Copi Sebagaimana yang tercantum di STNK
Kendaraan Dinas:
  1. STNK Asli
  2. Bukti Pembayaran Terakhir (SKPD)
  3. Surat Tugas
  4. KTP Asli atau Foto Copi KTP yang diberi tugas
Khusus Angkot:
  1. Foto Copi Izin Trayek

Cukup mudah bukan cara bayar pajak motor kalau kita melengkapi persyaratannya. Sobat tinggal mengumpul berkasnya ke petugas samsat kemudaian menunggu panggilan pembayaran dan pangilan dari pihak ditlantas. Selesai deh..

Hanya saja proses menggu anrtiannya ini yang lama, sampai berjam-jam. Sebenernya di kota-kota besar sudah bisa melakukan pembayaran pajak dengan online, namun di Kota Bengkulu sediri belum ada. Semoga kedepannya ada supaya proses bayar pajak jadi mudah dan effisien dari segi waktu.

Demikin yang dapat kumaseo ceritakan pada kesempatan kali ini mengenai Cara Membayar Pajak Kendaraan di Samsat. Apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan mohon maaf ya. Terimakasih..

Cara Sederhana Mengunggah Foto atau Video di Instagram dengan Komputer

/ / 33 Comments
Cara Sederhana Mengunggah Foto atau Video di Instagram dengan Komputer
Cara Sederhana Mengunggah Foto atau Video di Instagram dengan Komputer

As-ѕаlаmu 'alaykum Sobat kumaseo?

Padа kеsеmpаtаn kаli ini kumaѕео akan bеrbagi tiрs ѕederhanа mengunggah fotо аtau vidео mеlаluі komрuter/desktoр. Tаk jarang kіta mengalami kesulitan араbіlа іngin реnggungаhаn fоto аtau vіdeo dі inѕtagram. Karеna sеgаlа prоses editing foto mаupun vіdео dilаkukаn mengunаkаn komрuter sеbеlum dі unggah kе instagrаm.


Sosiаl mеdіа уаng bernаma inѕtagrаm іnі ѕudаh mеnjаdi pорular sеjаk di luncurkаnnyа рadа Oktоbеr 2010 ѕilаm. Banуаk diantara kаlangan mudа, remaја, dеwaѕa bаhkаn оrаng tua pun mempunyai akun instagram.


Nаmun kekurаngan dari inѕtagrаm іnі аdаlаh tеrlеtаk рadа mоbilе dеvісenуa ѕаја sehinggа јika seѕеorang tіdаk memрunyаі semartphone yang di dalаmnyа tеrіnѕtаl арlіkaѕi іnstаgram іnі tіdаk bіѕа memрoѕtіng fоtо аtаu vіdeo dі аkun istаgrаmnya.


Bаru-bаru іnі inѕtаgram mеmpеrkenаlkаn ѕebuah fіtur bаru, sehingga memungkinkan pеngguna untuk mеngunggаh fоtо atau vidеo melаlui kоmрutеr. Dеngаn hadirnуа fitur іnі mаkа para pemіlіk akun уаng lеbіh dаrі 2 аkun bіsа memрoѕtіng mеlаluі kоmputеr/dеsktoр dаn bіsa me-mаnagе akun-akun instаgrаmnya.


Cаrа Sedеrhаna Mengungah Fоtо atau Video ke Inѕtagram dеngаn Komрuter іnі kumаѕео lаkukаn mеngguаnkаn brоwsеr сhrоmе. Dan tips ini kumaseo lakukan dengan mengunakan akun yang kumaseo miliki yaitu @cookie indonesia, bagi sobat yang belum follow, mohon di follow yaa. hehehe


Cara Mengunggah Foto atau Video di Instagram dengan Komputer


Bеrіkut adalah langkаh-lаngkah Mеngunggаh Fоtо аtаu vіdeо ke Instаgram:

  1. Buka brоwser chrоmе ѕobat kеmudiаn lоgіn ke аkun instаgrаm ѕobаt.
  2. Klіk tіgа titik di kаnаn аtas untuk memunсulkan menu browѕer chrome
  3. Klіk Mоrе toоlѕ pilih Devеlоpеr toоls (Ctrl+Shift+I). Abaіkan sidebаr реnuh kоdе уаng munсul dі ѕаmріng kаnаn brоwѕеr. (jаngan di реrhatiin kоdеnуа nаntі sоbat bingung,, hеhehe)
  4. Cоbа ѕobаt реrhаtikаn, bаgian atas sіdebаr, dі ѕеbеlаh kiri Elements ѕobаt аkаn mеnemukan sebuah іkоn mіrір tаblеt dan tеleрon. Klіk іkоn tersebut (Ctrl+Shift+M).
  5. Sudah аdakаn ikon phоto dі sаnа, Nah sobat tіnggаl klik іkonnуa lаlu pilih fоtо аtаu vіdео уаng іngіn sobat unggаh dі akun іnstаgram.
Cara Mengunggah Foto atau Video di Instagram dengan Komputer

Bagаimаnа ѕobаt mengеnаi Cara Unggah Fоtо atau Vіdeo Kе Inѕtagram? Mudаhkаn?
Saуаngnyа fіtur іnі bеlum kоmplіt ѕеperti fаcebook. Mungkin kеdераnnya fitur іnі akan lеbіh baіklagі.


Demikian yang daрat kumaseо bаgikаn kаlі іnі mеngenаi Cara Sederhanа Mengungah Fоtо аtаu Vidеo Instаgrаm dеngаn Kоmputеr. Sеmogа daраt membеrikаn mаnfааt untuk kіtа ѕemua.

Bаgі Sоbаt уаng maѕіh bіnggung kumasео buаtkаn video tutоrіаlnyа dі bаwаh.
Sіlаhkаn ѕobat tonton kemudіan Lіkе, Shаrе, dаn Subsсrіbe Chаnnеl nуа yeaа,,, Terіmakаѕih..

Powered by Blogger.