Cegah Stunting dan Obesitas dengan Pola Hidup Sehat

Gizi Seimbang
Kita semua sudah tahu pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Sedari kita kecil kita sudah diajarkan untuk hidup sehat. Mulai dari pola makan yang teratur, istirahat yang cukup, dan berolahraga. 

Namun, tidak semua orang dapat mengaplikasikan hidup sehat. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Orang tua memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak dan memberi gizi seimbang.

Nah, dalam rangka memperingati Hari Gizi nasional yang ke-62 tahun 2022 ini, Kementerian Kesehatan RI mengadakan webiner lho yang mengangkat tema “ Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas”

webinar hari gizi nasional

Karena pandemi maka webiner yang diadakan pada Kamis, 17 Februari 2022 melalui zoom dan live youtube Kemenkes RI yang berkolaborasi dengan beberapa lembaga terkait dalam ikut melakukan aksi pencegahan risiko stunting dan obesitas.

Permasalahan stunting dan obesitas masih menjadi fokus kesehatan global, tak terkecuali di Indonesia. Untuk itulah pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI terus mengajak semua elemen dalam mengedukasi dalam pemberian asupan gizi seimbang pada anak.

Gizi Seimbang

Beberapa narasumber yang dihadirkan dalam webinar kali ini, Melinda Mastan, S.Gz (Grand Officer – Tanoto Foundation). Beliau menyoroti peran remaja dalam pembentukan prilaku atau kebiasaan dalam hidup sehat. Masa remaja memang menjadi masa transisi menuju dewasa. Untuk itulah, melalui Tanoto Foundation yang digaungi kak Melinda Mastan mengajak seluruh remaja turut serta dalam kegiatan edukasi mengenai pencegahan stunting dan obesitas.

Beberapa kegiatan yang dapat diikutinya yakni, writing competition, penerbitan buku, video contest dan kegiatan menarik lainnya. Tujuannya adalah agar para remaja ini bisa menginspirasi remaja lainnya.

Sampai saat ini Tanoto Foundation terus melakukan berbagai aksi nyata dalam pencegahan stunting dan obesitas terutama pada anak-anak usia remaja.

Erlina Asri, MPH (Nutrition International) yang juga turut memberikan materi menjelaskan tentang pentingnya gizi anak remaja. Beliau juga terus melakukan pendampingan dan pemanfaatan platform digital dalam mengedukasi masyarakat tentang gizi remaja dan anemia melaui https://giziremaja.learning.nutritionintl.org

Ada juga Nazhif Gifari, S.Gz, M.Si. Seorang dosen di Universitas Esa Unggul ini juga mengajak orang tua agar memperhatikan apa yang di konsumsi anak. Dan harus menerapkan gaya hidup sehat. Nutrition, Exercise, Sleep, Stress, dan Fun. Mengkonsumsi gizi seimbang agar kebutuhan gizi tubuh terpenuhi dengan baik.

Salah satu narasumber dari PT. Yakult Indonesia, Ni Putu Desi Aryantini mengatakan bahwa PT. Yakult akan terus berkontribusi dan ikut adil dalam pencegahan stunting dan obesitas di Indonesia. Selain itu juga sering mengadakan seminar kesehatan di lingkungan karyawan dan masyarakat umum akan pentingnya hidup sehat.

Pencegahan stunting dan obesitas tak bisa dilakukan pemerintah saja. Semua elemen memiliki peran tersendiri dan harus bahu membahu dalam mengedukasi masyarakat pentingnya menjaga hidup sehat. Tak hanya pola makan dengan gizi seimbang yang diperhatikan namun olahraga juga perlu dilakukan.

Yuk, kita semua lebiih aware terhadap kesehatan kita!


No comments for "Cegah Stunting dan Obesitas dengan Pola Hidup Sehat"