5 Makanan Khas Bengkulu yang Wajib Kamu Coba

5 Makanan Khas Bengkulu
Saat melakukan traveling mengunjungi objek wisata di suatu daerah, menyantap makanan atau kulineran adalah salah satu hal wajib dilakukan oleh traveler. Bahkan sebagian orang lebih mengutamakan kulineran ketimbang berkunjung ke wisata.

Hal inilah yang saya lakukan ketika melakukan traveling yaitu cari makanan enak, unik, dan khas suatu daerah.

Nah kalau kamu berkunjung ke Bengkulu, ada beberapa makanan khas yang tidak boleh kamu lewatkan untuk dicoba atau bisa dijadikan oleh-oleh nantinya. 

Berikut 5 makanan khas Bengkulu yang wajib kamu coba

1. Pendap 

Pendap
foto: disparprovinsi

Pendap adalah makanan olahan ikan dengan pepaduan bumbu rempah-rempah seperti bawang putih, cabe giling, kencur di campur parutan kelapa muda kemudian di bungkus kek daun talas. Makanan ini juga menjadi makanan fofotit dikalangan masyarakat Bengkulu dan banyak dijual belikan di pasar-pasar.

Di beberapa hotel terkadang juga menyediakan makanan ini. Pendap enak sekali disajikan dengan nasi panas/nasi liwet. Di jamin nambuh deh.

2. Kue Tat

kue tat

Makanan yang mirip bolu ini mudah sekali dicari. Hampir di semua tempat oleh-oleh pasti ada kue yang satu ini. Rasanya sangat khas, manis dan gurih kalau menurut lidah saya. 

Konon kue ini dulunya hanya di sajikan untuk seorang raja atau golongan ningrat gitu. Namun kini semua orang dapat menikmatinya. Kue tat ini ada yang berbentuk kontak persegi yang kemudian nanti bisa diiris-iris ada juga yang bentuknya bulat.

3. Lempuk Durian

Lempuk Durian
foto: oyago.com

Saat ini lagi musim durian neh di Bengkulu. Pas banget donk icip-icip durian sekaligus bisa di buat makanan khas yang berbahan durian. Hmm,,, enak donk ya.

Lempuk durian ini mirip dodol namun memiliki aroma durian karena terbuat dari adoonan tebung, durian dan bumbu-bumbu lainnya.

Lempuk durian bisa dicari di semua toko oleh-oleh makanan khas Bengkulu. Hamper semua took menjual makanan ini, jadi kamu tak perlu khawatir gak dapat.

4. Lemang Tapai 

Lemang Tapai

Makanan yang satu ini biasanya tersaji ketika ada hajatan. Biasanya si pemilik hajatan membuat lemang tapai untuk disajikan kepada para tamu undangan. Pada saat Ramadhan lemang tapai juga di sajikan pas peringatan malam lailatul qodar.

Bahan dasar yang di gunakan yaitu adonan beras ketan dan santan. Kemudian dimasukkan ke dalam ruas bambu lalu dimasak dengan cara dibakar. 

Setelah masak di sajikan dengan diiris melingkar kecil kecil kemudain di kasih toping tapai ketan. Dan itulah kenapa Namanya lemang tapai.

5. Kue Lepek Binti

Kue Lepek Binti
foto: wikipedia makanan khas Bengkulu

Kalau otang jawa pasti ngiranya ini kue nagasari ya kan? Sekilas mirip banget sih. Namun jika kamu sudah merasakan makanan ini pasti langsung perbedaannya. 

Kue lepek binti ini dibuat dengan adonan tepung ketan, bercampur santan, daun salam dan rempah-rempah lainnya. Di dalamnya biasanya berisi potongan daging (ayam atau sapi). Kue ini di masak dengan cara di kukus. Setelah matang rasanya gurih dengan tekstur kenyal saat digigit. Kue ini banyak di jumpai di pedangan kue pingir jalan yang setiap pagi bisanya ada.

Masih banyak makanan khas Bengkulu lainnya yang ada di Bengkulu dan belum saya tuliskan di sini. Artikel ini hanya sebagian kecil saja. Next time, aku akan bahas lagi ya. Semoga bermanfaat dan janganlupa tinggalkan komennya… terima kasih 😊


15 comments for "5 Makanan Khas Bengkulu yang Wajib Kamu Coba"

  1. Kebetulan banget di rumah lagi ada lemang tapai katanya itu khas bukit tinggi. Bener gak sih ? Atau emang makanan khas bengkulu.

    Rasanya sih kaya makan uli kalau di sunda. Cuma lemang tapai ini agak berminyak menurutku.

    ReplyDelete
  2. Belum pernah coba semuanya. Huhuhu penasaran dengan olahan ikan pendap ya namanya. Ini ikan apa aja bisa ?

    ReplyDelete
  3. Pendap lebih mirip pepes gitu ya bang, memang enak kali itu kalo dimakan pakek nasi panas, wuuh..

    Terus itutu si Kue Tat, pantes aja bentuknya mevvah, ternyata dulunya suguhan buat raja-raja toh.

    Yang pernah aku makan paling cuma lemang tapai itu lah, tapi kalo di Medan bilangnya "gemblong" tapai, hihi..

    ReplyDelete
  4. Whoaa... Baca tulisan ini tengah malam jadi auto lapar 😭 rusak deh dietku.

    Btw saya gak pernah makan makanan khas Bengkulu. Kalau lemang tape mertua sering menyajikannya pas lebaran

    ReplyDelete
  5. Lempuk durian aku dah pernah nyobaa. Skrg yg bikin penasaran pendapnya inii. Di gambar kayak dibungkus daun gitu yaa kak

    ReplyDelete
  6. Jadi penasaran sama lemang tapai nih :) kira-kira selain di bengkulu ada yang jual nggak ya

    ReplyDelete
  7. Seneng banget perkulineran macam in. Apalagi ttg khas daerah bikin tambah cinta indonesia. Btw, ada sedkit typo kak. Tapi masih bisa dipahami sih. Semngat

    ReplyDelete
  8. Yang baru mencicipi itu lamang tapai. Enak sih. Tak kira ini makanan khas Sumbar. Ternyata makanan khas bengkulu. Yang nggak suka nih lempuk durian. Karena ada duriannya. hehehehe. Pengin nyoba Kur Tat dan Pendap. Lepek Binti nih kayaknya aku pernah makan, tapi takut salah.

    ReplyDelete
  9. Kebetulan lagi musim dirian, jadi kepikiran bikin lempuk 😁 makanannya kebanyakan sama kayak disini mungkin efek tetanggan

    ReplyDelete
  10. Aku pernah order baytat ke temenku yg asli Bengkulu, enak banget cocok buat ngeteh emang. Rasanya kaya nastar empuk

    ReplyDelete
  11. Pas baca lemang jadi inget lemang orang Minang soalnya Ibu saya asli Bukittinggi. Duh, makanan Bengkulu emang enak2 ya

    ReplyDelete
  12. menarik banget sih makanan khas bengkulu ini. nggak cuma namanya saja tapi tampilannya saja udah bikin saya ngiler hehe. pengen banget nyobain kue tatnya semoga bisa kesampaian aamiin hehe

    ReplyDelete
  13. waawwwww kue tat nya cantikkk bgt kak,,,, itu eye catching bgt siii,,, cocok buat buah tangan jugaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa komen di blog saya.

Berlangganan via Email