5 Tips Mengatur Keuangan Buat Jomblo

5 tips mengatur keuangan buat jomblo

Mengatur keuangan sangat penting dilakukan sejak usia menginjak dewasa atau kira-kira semasa SMP atau SMA. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tulisan mengenai 5 Tips Mengatur Keuangan Buat Jomblo. 

Sebenarnya saya bukan orang yang tepat buat berbagi mengenai Tips Mengatur Keuangan karena saya sendiri kendang masih kolaps kalau masalah keuangan hehe

Tapi tidak ada salahnya kan kalau saya berbagi cara mengatur keuangan dari pengalaman saya yang saya terapkan dalam kehidupan.

Nah, tips mengatur keuangan ini saya tulis buat kalian anak muda yang belum berumah tangga atau single.

Sebelumnya, saya juga sudah menulis mengenai tips hemat ala mahasiswa perantau yang bisa kamu baca-baca. Tips ini saya buuat ketika masih menjadi mahasiswa. Dan berharap saya bisa jadi mahsiswa lagi (Lanjut S2 GITU) Amiin.

Di luar sana tentu banyak sekali yang sudah bahas mengenai cara mengatur keuangan rumah tangga atau yang masih sendiri seperti saya ini (doain donk supaya segera punya gandingan biar gak jomblo wkwkw)

Berikut 5 Tips Mengatur Keuangan Buat Jomblo

1. Rencana Keuangan

Nah, rencana keuangan yang saya maksud adalah kamu buat plane keuangan harian, mingguan, atau bulanan. Di sini saya contohkan untuk bulanan ya 😊 Kamu buat catatan kecil biaya apa saja yang kamu butuhkan selama sebulan. 

Sebagai contoh: Saya kan sudah lulus kuliah tapi belum kerja dan tidak minta uang sama orang tua. Lalu pendapatan dari mana? Banyak cara mendapatkan uang kog, apalagi dengan adanya social media yang begitu popular. Jadi saya manfaatkan social media buat pendapatan saya atau istilah kerennya influencer.

Pendapatan saya sebagai influnecer tidak tetap dalam sebulan. Di sini saya ksih kisarannya saja ya. Dalam sebulan biasanya pendapatan berkisar 1-2 juta untuk beberapa bulan ini yak arena lagi sepi job. Namun beberapa bulan yang lalu ketika dapat kontrak itu bisa lebih ari 3 juta dalam sebulan.

Dari pendapatan segitu, kamu bisa buat plane keuangan kamu missal:

  • Biaya makan dalam sebulan 500 rb
  • Biaya internet sebulan 100rb + wifi 50rb
  • Kebutuhan sehari-hari (pasta gigi, sabun, hand body, dll) 200rb
  • Biaya bensin motor sebulan 150rb
  • Bayar cicilan kontrakan 450rb karena setahunnya 5 juta

Nah, kira-kira segiutu pengeluaran dalam sebulan. Sehingga kamu masih punya sisa buat di tabung atau investasi.

2. Sisihkan Uang Untuk Dana Darurat

Pentingnya dana darurat buat kita semua. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Bisa jadi kan kita sakit jadi dana itu bisa digunakan buat beli obat atau periksa ke dokter. Karena di sini saya belum memiliki asuransi maka sebisa mungkin untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

3. Investasi dan Tabungan

Sebisa mungkin untuk menabung. Karena dengan menabung untuk masa depan ceria. Namun sebagian orang memilih dialihkan ke investasi sih. Sebenernya investasi itu bagus banget buat jangka panjang dari pada ditabung. 

Nilai uang yang diinvestasikan keberbagai produk akan mengalami fluktuasi kenaikan. Tetapi bisa juga berkurang. Jadi, pintar-pintarlah memilih investasi ya.

Nah, ada juga yang paling penting adalah investasi ilmu. Banyak di luar sana yang membua e course yang bisa kamu pilih buat menambah skill pengetahuan/ketrampilan kamu. Saat ini saya pilih ini sih hehehe

4. Kurangi & Pangkas Pengeluaran dengan Bijak

Jika bisa menghemat kenapa tidak. Kamu bisa memangkas biaya pengeluaran kamu yamg sudah ditulis di atas. Sehingga kamu punya sisa uang yang lebih banyak buat plan yang lain. Missalnya, seperti saya neh cowok. Jadi uangnya bisa buat cicil mahar pernikahan gitu hehe,… Syukur-syukur biaya resepsi

5. Jangan Berhutang

Paling penting neh ya, jangan berhutang. Ketika keuangan lagi pas-pasan, buang dulu pikiran buat belanja atau beli barang yang sekiranya tidak perlu. Tidak papa kalau pendapatan press banget dengan pengeluaran dan tidak bisa sisihkan uang.

Dengan kamu tidak berhutang itu artinya tidak punya beban. Lagipula kamu tidak mau kan ditagih-tagih rentenir wkwkw 😂

Mengatur keuangan ini hal paling penting dalam hidup. Dengan mengatur keuangan kamu tentu hidup akan lebih mudah dan lebih efisien. Jangan sampai stress dibuatnya. Uang sangat penting. Namun nomor satukan bersyukur. Oke!!!

Demikian sharing 5 Tips Mengatur Keuangan Buat Jomlo yang bisa kamu baca dan terapkan.


No comments for "5 Tips Mengatur Keuangan Buat Jomblo"