Menu
/
Masjid Bengkulu, Masjid Bersejarah di Bengkulu, Masjid Al-Hikmah Kandang Limun, Bengkulu

As-salamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Masjid merupakan tempat yang dibangun untuk beribadah, Seperti sholat, berzikir, membaca Qur’an, pengajian atau hal-hal yang berkaitan dengan ibadah kepada Allah subhaanahu wa ta’aalaa. 

Mayoritas warga Indonesia adalah penganut ajaran islam, angkanya mencapai 85%. Sehingga bangunan masjid ada di mana-mana dan letaknya pun sangat sangat berdekatan.

Di tempat inilah kaum muslimin berkumpul, baik yang kaya maupun yang miskin, pejabat maupun rakyat biasa, ulama ataupun orang awam, tidak ada yang membedakan derajat manusia kecuali tingkat ketakwaan kepada Allah subhaanahu wa ta’aalaa.

Oleh karena itu, masjid merupakan tempat yang paling strategis untuk meningkatkan ilmu, amal, dan ukhuwah umat islam. Semoga kita termasuk orang yang selalu memakmurkan masjid. Aamiin..

Berbicara mengenai masjid, kali ini kumaseo akan mengulas tentang Masjid Al-Hikmah Kandang Limun, Bengkulu. Masjid ini merupakan sentralnya masjid di Kelurahan Kandang Limun. Pasalnya, tempat yang begitu stategis dan dekat dengan lapangan bola, menjadikan masjid ini ramai kaum muslimin yang ingin menunaikan ibadah apabila waktunya tiba. Masjid ini beralamat di Jln. WR Supratman RT.19 tepatnya di Gang menuju kantor lurah Kandang Limun.

Masjid Al-Hikmah Kandang Limun ini didirikan pada tahun 1992 diatas tanah wakaf bapak alm Badit Bancoalam. Beliau seorang muhammadiyah dan masjid ini berdiri untuk warga kelurahan Kandang Limun/umum yang ingin beribadah. Artinya tidak memandang apakah NU, Muhammadiyah dan lainnya. Setiap orang yang ingin beribadah dipersilahkan.

Masjid Al-Hikmah Kandang Limun ini diketuai oleh bapak H Samanudi dan juga sekaligus imam masjid ini. Sejak artikel ini dibuat beliau masih dipercaya masyarakat untuk memimpin kepengurusan Masjid Al-Hikmah Kandang Limun.

Masjid Bengkulu, Masjid Bersejarah di Bengkulu, Masjid Al-Hikmah Kandang Limun, Bengkulu

Dari segi bangunannya Masjid Al-Hikmah Kandang Limun ini sama seperti masjid lainnya, yang membedakan adalah arsitektur didalamnya. Dan masjid ini mempunyai dua kamar untuk penjaga masjid atau marbot. Sehingga jika waktu sholat telah tiba maka para penjaga majid inilah yang mengumandangkan azan. Marbot di masjid ini ada 4 orang mahasiswa yang salah satunya adalah ketua UKM K Unib. Saya pun sering menjadi muazin disini karena sudah kurang lebih empat tahun saya hidup bermasyarakat di lingkungan kandang limun ini dan kebetulan kosan saya dekat Masjid Al-Hikmah Kandang Limun.

Masjid Al-Hikmah Kandang Limun juga merupakan tempat berkumpulnya organisasi kerohanian unib. Sering sekali para mahasiswa yang tergabung dalam organisasi kerohanian mengadakan acara disini seperti taujih, iftor (buka bersama), mabit dan kegiatan kerohanian lainnya.

Di Masjid ini juga dilakukan Pengajaran Al-Qur’an setiap hari senin-kamis pukul 15.30 sd selesai dan jumlah anak yang mengikuti pengajaran ini banyak sekali hingga pengajar didiknya ada 4 orang.

Masjid Bengkulu, Masjid Bersejarah di Bengkulu, Masjid Al-Hikmah Kandang Limun, Bengkulu

Terlebih saat ini, memasuki bulan ramadhan Masjid Al-Hikmah Kandang Limun sudah pasti ramai sekali oleh jama’ah yang ingin melaksanakan sholat tarawih dan sholat fardu lainnya. 

Begitu juga anak-anak yang antusias sekali ke masjid karena ada absensi yang nantinya akan mendapat uang THR dari Bang Ken saat mau lebaran tiba. Beliau dalah anggota DPD RI dengan nama lengkapnya Ahmad Kenedy.Mirip nama saya ya Ahmad Kumaedy, Semoga bisa sukses juga seperti beliau. Aamiin
Beliau orang yang ramah, apalagi istrinya yang selalu mensuport kegiatan keagamaan di masjid ini, bahkan remaja masjid yang ingin melaksanakan kegiatan tapi tidak punya dana, beliau siap membantu.

Masjid Bengkulu, Masjid Bersejarah di Bengkulu, Masjid Al-Hikmah Kandang Limun, Bengkulu

Disetiap bulan ramadhan Masjid Al-Hikmah Kandang Limun ini juga mengadakan buka bersama setiap harinya sehingga menambah kecerian di bulan ramadhan, banyak sekali pemuda yang ikut buka bersama terutama anak kos seperti saya,, hehehe

Selain itu, sebelum pelaksanaan sholat tarawih diadakan kultum yang disi oleh Ustad-ustad dari IKMI-Bengkulu. Sehingga menjadikan bulan ramadhan menjadi bermakna dengan adanya pencerahan-pencerahan ilmu dari yang disampaikan ustad.

Saat hari raya, pelaksanaan sholat Idul Fitri maupun Idul Adha dilakukan di lapangan bola, disamping masjid. Ini dilakukan karena jama'ah yang banyak dari satu kelurahan Kandang Limun berkumpul jadi satu disini, sehingga panitia harus mempersiapkan lebih awal untuk pelaksanaan sholat Id.

Begitulah kondisi Masjid Al-Hikmah Kandang Limun yang begitu ramai jama’ah. Semoga dihari hari selain bulan ramadhan keramaian beribadahnya semakin meningkat dan tidak berkurang.

Semoga kita termasuk orang yang selalu memakmurkan masjid, karena memakmurkan masjid merupakan ciri orang-orang yang beriman dan masih banyak pahala-pahala yang senatiasa diraih di rumah yang suci ini. Rumah Allah subhaanahu wa ta’aalaa. 

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam,


“Barangsiapa pergi ke masjid dan kembali (darinya), Allah akan menyediakan tempat baginya di al jannah setiap ia pergi maupun kembali.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Demikianlah ulasan yang dapat kumaseo berikan kali ini menengenai Masjid Al-Hikmah Kandang Limun yang Ramai Jam’ah untuk melaksanakan kewajiban beribadah kepada Allah subhaanahu wa ta’aalaa. 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tulisan Inі dibuat untuk mеnjawаb tаntаngan Blоggеr Bеngkulu dalam #NuliѕSerempak tеntаng #MasjiddiBengkulu

37 comments

Semoga kita diantara orang-orang yng beriman tersebut, dan mendapatkan tempat di Jannah -Nya... aamiin

Reply

masjid kenangan waktu masih jadi mahasiwi s1 UNIB

Reply

Aamin ya robbal alamin. kita harus terus berusaha memperbaiki diri mbak.

Reply

iya mbak, banyak sekali mahasiswa di linkungan masjid ini, Jadi rame masjidnya.

Reply

Unib = universitas bengkulu bukanh kang?
aamiin semoga semua hrapan n doa2nya terkabul.
ditmptku bnyk mushola klo mesjidnya sendiri jauh mesti ke alun2.

Reply

aamiin...aamiin.. Semoga semakin banyak Masjid yang ramah anak ya...

Reply

Aamiin. :D Semoga berkah dan ibadah puasa kita semua lancar.

Reply

Ini seperti di pontianak masjidnya, ada warna kuning di bagian dindingnya yg menandakan warna islam yang keemasan

Reply

nah adem banget klu ke sini yah gan, mana rami githu jamaahnya, pasti semangat juga jadinya utk meramaikan masjid

Reply

Jadi semangat memakmurkan mssjid ya, Mas Kumaseo.

Salam kenal dari saya

Reply

Semoga rame terus yaa.. Soalnya kdng2 klo ditempatku ramenya awal sama blkng doang

Reply

halo mas ahmad, salam kenal ya

alhamdulillah saya baru bisa rutin kembali lagi ke masjid setelah anak saya sekarang udah batita, sekalian mengenalkan masjid ke anak, insya allah orang2 yg senantiasa memakmurkan masjid akan dimudahkan urusannya di dunia akhirat

Reply

Semoga semakin banyak yang memakmurkan masjid.

Reply

enak ya bukber bareng ;D

Reply

iya benar mbak, Universitas Bengkulu.

Reply

iya mbak, menjadikan Masjid sebagi TPA juga lebih baik.

Reply

Aamiin Ya Robbal Alamin

Reply

iya mbak, hampir setiap tahun dilakukan pengecat an ini biar bagus dan indah

Reply

Bener mas, Kalau masjid rame kan jadi semangat beribadah.

Reply

iya mbak, sudah jadi kewajiban kaum muslimin untuk memakmurkan masjid,,
salam kenal juga mbak.

Reply

Aamiin. ini lingkungan mahasiswa Insya Allah akan selalu rame, walaupun bukan bulan ramadhan

Reply

Aamiin. Mari untuk memakmurkan masjid mbak.

Salam kenal balik ya.

Reply

Aamiin. Sudah menjadi kewajiban mbak, untuk memakmurkan masjid

Reply

iya kak, setiap hari buka bareng di masjid ini.

Reply

ada buka bersama juga yaa.. sepertinya masjid masjid di Kota Bengkulu sekarang lagi menggiatkan buka bersama yaaa

Reply

iya mbak, buka bersama setiap harinya disini, hehehe

Reply

Kirain mas kuma di panorama, gak tau nya di kandang limun ya. Hehe

Reply

Semoga msjid tdk hanya ramai di bln.rmadhan saja

Reply

iya mas Dani, saya di Kandang Limun.

Reply

Aamiin. Insya Allah masjid Al-Himah ini selalu rame kak, lingkungan mahasiswa soalnya..

Reply

iya mbak, tapi sayang hanya untuk anak-anak :D

Reply

Bagus masjidnya. Klo deket, pasti berkunjung. Anak saya yang ketiga seneng banget jelajah masjid. Di sini, hampir semua masjid sudah kami datangi karena dia. Semoga masjidnya semakin makmur, ya. :)

Reply

Wah asik dong kalo rame, itu berbuka bersama jga pada rame,

Reply

Alhamdulillah sudah pernah mampir kesana, kebetulan tempatnya dekat dengan rumah teman,,,

Reply

Masjid ini udah makin keren aja, dulu sewaktu msh MTs sy sering kesana blm semegah sekrang,, kayaknya bakal makin banyak jama'ahnya..

Reply

Ini yg masuk gang itu bukan yah?

Reply

Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa komen di blog saya.

Powered by Blogger.