Penyediaan Air Bersih di Indonesia Masih Terpenuhi dengan Baik

air bersih, penyediaan air bersih, krisis air bersih di indonesia

Semua makhluk hidup di bumi membutuhkan air untuk hidup. Karena air merupakan elemen penting dalam kehidupan. Bagi manusia air merupakan benda yang sangat penting dasn harus dipenuhi dalam tubuh. Pertama, dari segi kebutuhan fisik manusia. Tubuh kita terdiri dari ±60 persen air. Asupan cairan pun harus terpenuhi agar metabolisme tubuh dapat berfungsi dengan baik, tidak terkecuali untuk menghindari dehidrasi bahkan kita disarankan untuk minum air sebanyak 2,5 liter per harinya. Kedua, dari segi kebutuhan aktivitas sehari-hari. Manusia membutuhkan air untuk memasak, mandi, mencuci, dan sebagainya.

Air yang kita gunakan pun harus bersih tidak mengandung kotoran apalagi pencemaran. Kebutuhan akan air bersih tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa dalam menjalani kehidupannya melainkan juga anak-anak. Anak-anak begitu membutuhkan air bersih karena cenderung rentan terhadap penyakit. 

Daya tahan tubuh yang belum sempurna membuat kebutuhan akan air bersih jadi lebih penting bagi anak-anak. Sayangnya, tidak semua daerah memiliki kualitas air atau sanitasi yang baik sehingga seringkali anak-anak menjadi korbannya dan terjangkit berbagai penyakit akibat air yang tak bersih.

Kondisi lingkungan yang tak sehat dimana keadaan air bersih sulit untuk ditemukan perlu menjadi perhatian semua pihak. Tidak hanya dinas terkait lingkungan saja, melainkan kita semua juga harus turut perperan dalam membuat lingkungan bersih sehingga kondisi air tidak tercemar. 

air bersih, penyediaan air bersih, krisis air bersih di indonesia
source: kupastuntas.co

Keadaan seperti ini mendorong salah satu BUMN PT. Sarana Multi Infrastruktur yang di bawah kementrian keuangan RI turut serta dalam perbaikan pembangunan kota yang bersih sebagai baktinya untuk negeri.

Kadaan air di kota-kota memang jauh dari kata bersih, berbeda dengan di desa yang notabene penduduknya masih sedikit dan lingkungan yang bersih sehingga sangat mudah mendapatkan air bersih.

Pertumbuhan orang-orang yang tinggal di kota dan laju pembangunan gedung-gedung semakin menungkat membuat ruang semakin padat. Belum lagi ditambah masalah sampah yang selalu menjadi momok kita semua.

Perlu adanya aksi nyata dari pemerintah terkait  untuk mengatasi hal ini sehingga ketersediaan air bersih di kota sangat melimpah dan tak kekeurangan.

Air bersih di kota biasanya di suplai oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) melalui sistem perpipaan yang dialirkan ke rumah-rumah memang membantu sekali namun kalau ketergantungan dengan sumber mata air PDAM juga tidak baik karena air PDAM merupakan air tampungan dari sungai yang diendapkan mengunakan bahan kimia kemudian disalurkan kembali ke warga-warga. 

Namun jika kondisi lagi mati lampu atau ada alat PDAM yang rusak maka warga tidak mendapat suplai air. Hal ini menjadi masalah yang harus dicarikan solusinya agar masyarakat kota yang penduduknya sangat banyak dapat teraliri air bersih.

Kebutuhan air bersih dimasa mendatang jauh lebih meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk. Hal ini harus mendorong pemerintah menciptakan inovasi baru dalam menangani penyediaan air bersih secara efektif dan efisien.

Jangan sampai nantinya terjadi krisis air bersih. Dan ini sudah terjadi di beberapa daerah indonesia seperti yang dikutip dari harian detik.com. Pulau jawa berpotensi krisis air karena penduduk yang padat dan laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Namun saat ini penyediaan air bersih masih terpenuhi diberbagai daerah indonesia karena jumlah air dan bendungan yang cukup banyak. Tetapi bukan berarti ancaman krisis air tidak terjadi karena beberapa daerah juga mengeluh akibat air yang dialirkan ke warga-warga sudah tercemar.

Saya berharap agar indonesia tidak terjadi krisis air bersih karena sumber air di indonesia yang sangat melimpah dan semoga tidak tercemar sehingga penyediaan air bersih terjaga dengan baik.

1 comment for "Penyediaan Air Bersih di Indonesia Masih Terpenuhi dengan Baik"

  1. sayangnya ditempatku selalu kekurangan air saat kemarau seperti sekarang ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa komen di blog saya.