5 Tips Membangun Blog Gaming yang Sukses

tips blog gaming

Ada banyak tema blogging yang menarik. Salah satunya adalah tema gaming. Dengan jumlah pemain game yang terus bertambah, maka tema ini seakan tak akan pernah kering. Apalagi di luar sana ada banyak sekali game. Tentu saja, topik/tema gaming ini tidak akan pernah habis untuk dibahas. 

Apakah kamu termasuk seorang blogger yang fokus pada tema gaming? Bagaimana cara membangun blog gaming yang sukses? Di artikel ini kita akan bahas berbagai hal dan tips seputar membangun blog gaming yang sukses. 

Tips 1: Tips SEO Blog Gaming 

Salah satu faktor penting dalam mengelola blog adalah optimasi SEO (Search Engine Optimization). Dengan penerapan SEO yang baik, maka website/blog kita berpeluang mendapatkan peringkat yang baik di pencarian Google. Dengan demikian dapat mendatangkan lebih banyak trafik ke blog kita. 

Lantas, bagaimana tips SEO untuk blog gaming? Ada berbagai hal yang bisa kamu optimasi. 

  • Dari sisi on page dan technical, pastikan blog kamu sudah memenuhi kriteria yang ramah bagi mesin pencari dan pengguna. Beberapa hal seperti penamaan blog, deskripsi blog, struktur url, kecepatan loading blog, mobile friendly blog, merupakan contoh elemen-elemen yang harus terpenuhi di blogmu. Intinya, jadikan blogmu ramah bagi pengunjung dan juga bagi mesin pencari. 
  • Dari sisi konten, kamu bisa membuat konten-konten yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Dengan apa yang dicari oleh para gamers. Untuk memenuhi poin ini, pastikan selalu melakukan riset keyword sebelum mengoptimasi blog ataupun sebelum membuat artikel.

Jika dua elemen tadi terpenuhi, jangan lupa untuk melakukan prosesnya secara konsisten agar memberi hasil yang memuaskan. 

Ubersuggest
Ubersuggest, salah satu tool untuk membantu optimasi SEO

Tips 2: Tips Agar Blog Gaming Banyak Pengunjung 

Agar blog kamu punya banyak pengunjung maka kuncinya ada pada promosi. Setelah blogmu siap dan bisa memenuhi kebutuhan pengunjung, maka promosikanlah blog tersebut. Promosinya dapat kamu lakukan dengan berbagai cara. Salah satu yang paling sederhana adalah dengan membagikan konten blogmu di media sosial (seperti di Facebook, Instagram, ataupun media sosial lainnya). 

Selain itu, bisa juga dengan membuat konten yang menarik dan dicari oleh banyak orang. Misalkan jika blog gamingmu membahas tentang game Android, maka kamu bisa bahas game-game populer di Android. Misalkan bahas game Free Fire, Mobile Legends, Call of Duty Mobile, PUBG Mobile, dan lainnya. 

Free Fire

Contoh jika kamu membahas tentang Free Fire, maka bisa bahas berbagai hal seperti: 

  • Karakter Free Fire, misalkan: Hayato FF, Maxim Free Fire, dan lainnya. 
  • Membahas tentang senjata Free Fire,
  • Membahas tentang tips Free Fire, 
  • Tutorial FF, seperti misalkan: cara main Free Fire di PC. 
  • Dan banyak lagi. 

Namun kembali lagi, kuncinya juga ada pada promosi blogmu. 

Tips 3: Membuat Blog Gaming yang Menarik 

Bagaimana cara membuat blog gaming yang menarik? 

Untuk membuat blog yang menarik, kamu harus memastikan punya konten yang bagus dan menarik. Konten ini misalnya konten yang bermanfaat, konten yang beda dari blogger lain, atau konten yang menjawab kebutuhan pembaca. 

Agar makin sukses dalam mengembangkan blog kamu juga bisa pelajari referensi dari blog-blog gaming yang sudah sukses. Siapa tahu kamu bisa dapat inspirasi dari sana. 

Tips 4: Menjadikan Blog Gaming Menghasilkan Uang 

Agar bisa menghasilkan uang dari blog gaming, maka pastikan kamu memonetisasi blog tersebut. Ada berbagai cara monetisasi blog, misalnya: 

  • Dengan menjual jasa/produk yang berkaitan dengan tema blog. Misalkan kalau tema blogmu tentang gaming, maka kamu bisa jual produk yang berkaitan dengan game. Contoh misal: voucher game, jasa yang berkaitan dengan game, dan lainnya. 
  • Dengan menerima sponsor, misalkan dari para pengiklan. 
  • Dengan bekerja sama dalam program Google AdSense atau program periklanan lain. 
  • Dengan menjalankan affiliate marketing untuk produk-produk yang berkaitan dengan game. 

Pada intinya, jika ingin sukses dalam memonetisasi blog, maka pastikan blog gamingmu ramai dan punya banyak pengunjung. Makin banyak trafik blogmu, maka akan makin besar potensi keberhasilan monetisasi blogmu. 

Tips 5: Cara Agar Blog Gaming Lolos Google AdSense

Salah satu program periklanan yang banyak diandalkan oleh para blogger adalah Google AdSense. Nah agar bisa lolos mendaftar Google AdSense, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan, di antaranya: 

Pastikan sudah berusia 18 tahun agar sesuai dengan syarat pendaftaran Google AdSense. 

Pastikan blogmu punya trafik yang lumayan. Lebih bagus lagi kalau trafik blogmu tinggi. Ini akan semakin bagus. 

Pastikan blog tidak melanggar ketentuan Google AdSense. Misalkan konten blogmu original (bukan copy paste), tidak melanggar hukum, dan ramah bagi pengiklan. 

Nah pembaca, itulah berbagai tips untuk membangun blog gaming yang sukses. Semoga bermanfaat dan semoga sukses untuk blogmu.


1 comment for "5 Tips Membangun Blog Gaming yang Sukses"

  1. Untuk penyimpanan file dmna gan cocoknya blog games atau app games ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa komen di blog saya.