Kenali Gejala Penyakit Diabetes dan Cara Pengobatannya

diabetes, kencing manis, gejala diabetes, Kenali Gejala Penyakit Diabetes

Diabetes atau orang biasa menyebutnya kencing manis adalah penyakit kronis yang sering muncul dengan tanda ketidak mampuan tubuh kita untuk memeproduksi insulin. Pada awalnya penyakit ini memeiliki tanda berupa meningkatnya kadar gula yang ada di dalam darah, yang mengakibatkan adanya ganguan sistem metabolisme tubuh.

Penyakit diabetes bisa terjadi karena kekurangan insulin, di mana insulin merupakan salah satu zat yang di hasilkan oleh pankreas untuk dapat mengolah kadar gula darah dalam tubuh (glukosa) untu menjadi energi. 

Penyakit diabetes ini menyerang segala usia, mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga lanjut usia. Banyak yang beranggapan bahwa penyakit ini menyerang ketika sudah lanjut usia tapi kenyataannya juga ada orang yang masih muda menderita penyakit ini. Ada banyak faktor penyebab penyakit diabetes ini seperti faktor grnrtik, faktor berat badan (obesitas), faktor makanan dan perokok

Hampir seluruh manusia rentan terhadap penyakit diabetes, untuk itu kita harus bisa membedakan dan mengenali gejala dan tipe-tipe diabetes. Terdapat 2 tipe diabetes yang keduanya hampir-hampir mirip gejalanya, namun ternyata berbeda lho.


diabetes, kencing manis,tipe diabetes, diabetes tipe 1, diabetes tipe2, gejala diabetes, Kenali Gejala Penyakit Diabetes


Diabetes tipe 1


Diabetes tipe 1 ini biasa disebut dengan ketergantungan terhadap insulin atau insulin deppendent diabetes mellitus (IDMM). Penyakit ini bisa terjadi pada semua umur, namun perkembangannya lebih sering dimulai pada masa anak-anak. 

Cara pengobatan pada penderita diabetes tipe 1 ini adalah dengan cara injeksi insulin secara rutin, karena penderitanya tidak lagi dapat memproduksi insulin. Selain itu harus sering mengecek kadar gula darah.


Diabetes tipe 2


Diabetes tipe 2 ini merupakan diabetes yang paling banyak dialami hampir semua kalangan. Walaupun pankreas tetap memproduksi hormon insulin seperti biasanya, namun jumlah yang diproduksi tidak banyak sehingga kebutuhan tubuh tidak terpenuhi akibatnya kadar gula darah (glukosa) meningkat.

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki resiko yang lebih tinggi mengalami diabetes tipe 2 ini, karena kegemukan menyebababkan kondisi resisten terhadap insulin.

Beberapa gejala umum yang terjadi pada penderita penyakit diabetes diantaranya:
  • Haus yang berlebihan (polidipsia)
  • Sering buang air kecil dengan volume banyak
  • Rasakan kelaparan yang luar biasa (polifagi)
  • Sering merasa kelelahan karena kehabisan energi
  • Beberapa penderita diabetes ada menunujukkan gejala infeksi pada kulit
  • Gangguan penglihatan atau penglihatan menjadi kabur (rabun dekat ayam)
  • Berat badan menurun drastis
  • Hyperglaisimia yaitu peningkatan kadar gula darah yang abnormal

Nah, bagi kamu yang merasa punya gejala di atas atau punya riwayat penyakit diabetes dari keturunan, ada baiknya untuk melakukan pengobatan secara alami dengan memanfaatkan bahan herbal yang ada di sekitar lho. Beberapa tanaman herbal untuk mengobati penderita diabetes diantaranya:


1. Kayu Manis


Kayu manis telah digunakan oleh orang zaman dahulu hingga sekarang. Manfaat kayu manis adalah untuk obat maupun bahan masakan. Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa peneliti kesehatan dunia, kayu manis dapat berperan untuk menurunkan kadar gula darah.


2. Mengkudu


Buah mengkudu dipercaya menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tanaman mengkudu ini mengandung proxeroni yang bagus untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Zat yang terkandung dalam buah mengkudu dapat membuka pori-pori sel


3. Mahkota Dewa


Tanaman mahkota dewa sering tumbuh di perkarangan rumah. Ternyata buah mahkota dewa sangat mujarab untuk menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya adalah penyakit diabetes. Banyak masyarakat yang mengunakannya untuk pengobatan dengan cara merebus buahnya atau mengupasnya kemudian dijemur lalu direbus dikemudian hari.


4. Daun Sirsak


Daun sirsak dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Daun ini sudah teruji dapat menyembuhkan penyakit diabetes, ginjal maupun kanker. Selain daunnya yang sangat bermanfaat di dunia kesehatan, ternyata buahnya juga enak dimakan.


5. Kumis Kucing


Kumis kucing memiliki kandungan nutrisi dan mineral seperti : orthosihon glikosida, myoinositol, minyak atsiri, garam kalsium serta saponin yang bisa mengaktifkan sel beta pankreas.Selain itu juga bermanfaat sebagai peluruh air seni dan anti peradangan untuk mencegah amputasi akibat ulkus diabetes


6. Teh Hijau


Teh hijau adalah minuman yang enak untuk diminum. Hampir semua orang pernah meminumnya. Dan ternyata, manfaat teh hijau juga baik untuk kesehatan dan penderita diabetes. Daun teh kaya akan polifenol yang berperan aktif sebagai antioksidan di dalam tubuh. Nah, di zaman modern ini teh hijau di kemas lebih praktis seperti Glucoscare yang mudah di bawa kemana-mana karena bentuknya ada yang sachet.
diabetes, kencing manis, gejala diabetes,obat diabetes, GLUCOSECARE
Dari semua tanaman herbal di atas untuk mengobati diabetes, sebenarnya masih banyak  tanaman lainnya. Namun yang di sebutkan di atas adalah yang sering orang gunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Kamu dapat memilih yang mana yang bisa di konsumsi rutin agar penyakit diabetes bisa sembuh dan hasil maksimal.

Namun jika kamu tidak ingin meramu tanaman di atas secara tradisional, sekarang ini sudah modern dengan adanya ekstak dari tanaman tradisional tersebut baik pberupa kapsul maupun serbuk. Kamu tentu dapat memilih apakah mau membuat sendiri atau beli hasil ekstaknya.

Demikian artikel tentang Kenali Gejala Penyakit Diabetes dan Cara Pengobatannya. Semoga bermanfaat dan yang terpenting adalah menjaga tubuh agar tetap sehat dengan menerapkan pola makan yang sehat serta rajin berolah raga.

16 comments for "Kenali Gejala Penyakit Diabetes dan Cara Pengobatannya"

  1. Sekarang penyakit sudah seperti trend saja ya, dilingkungan saya banyak yang terjeba penyakit mengerikan ini diabetes
    semoga kita terjaga dan diberikan kesehatan selalu aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, di Desa saya juga udah banyak yang terjangkit, salah satunya disebabkan karena pola makan dan hidup tidak sehat. Semoga terus diberi kesehatan untuk kita. Aamiin

      Delete
  2. Wah ternyata kayu manis bisa menurunkan kadar gula darah ya, mantap dah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, semoga bermanfaat ya informasinya. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  3. Dulu sempat nanam mahkota dewa, tapi nggak tahu fungsi nya apa.. Ternyata bermanfaat banget bagi penderita diabetes yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bermanfaat sekai buah ini kak, tumbuh nya pun mudah kan ya. Yuk tanam pohon buah ini hehe

      Delete
  4. Nice tips kak, jadi harus lebih berhati-hati dg penyakit ini. Semoga kita terhindar dan sehat selalu yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Kita harus jaga kesehatan kak dengan menerapkan pola hidup sehat. Okey!

      Delete
  5. Diabetes memang berbahaya kak. Mesti waspada dengan penyakit ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, harus rajin olah raga dan atur pola makan ini.

      Delete
  6. Pola hidup sehat harus selalu dijaga ya kak. *padahal barusan makan nasi goreng dan sebelumnya nyemil es krim.

    ReplyDelete
  7. Wuihhh ngeri deh mas, yang baik itu menjaga kesehatan sejak dini, biar terbiasa sehat kalo sudah besar, hihihi.

    ReplyDelete
  8. Mulai sekarang kudu waspada banget sama penyakit diabetes. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

    ReplyDelete
  9. Wah padahal dulu punya tanaman kumis kucing. Tapi sekarang udah dibabat. Ngga tau kalau ternyata bagus untuk diabetes.

    ReplyDelete
  10. terimakasih dengan infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa komen di blog saya.