Menu
/
tabut, tabot, festival tabut, festival tabut 2018, pesona festival tabut

Bengkulu, bumi Rafflesia keindahan ibu pertiwi. Di kota ini aku dilahirkan. Berada di pulau Sumatra yang indah akan pesona laut pesisir menjadikan kita terpesona setiap kali melihat birunya laut nan eloknya pasir putih.

Setiap daerah memiliki keistimewaan tersendiri, namun di Bengkulu ini keindahan alam, budaya dan sejarah ada di kota ini. Lihatlah ketika jaman penjajahan dulu, Bengkulu menjadi rebutan pangsa Penjajah Inggris maupun Belanda.

Bahkan beberpa bukti peninggalan penjajahan seperti Fort Marlborough, Tugu Thomas Parr, Benteng York sampai saat ini pun masih ada, dan menjadi destinasi wisata kota Bengkulu dan wisata cagar budaya yang harus di lestarikan dan dilindungi. 

Ada juga Rumah Pengasingan Bung Karno, yang menjadai bukti bahwa Bengkulu punya andil dalam Kemerdekaan Republik Indonesia, karena Bung karno merumuskan kemerdekaan di bumi rafflesia ini.

Itu merupakan beberapa warisan sejarah yang ada di kota Bengkulu. Beralih ke Budaya, Bengkulu memiliki budaya yang beragam karena di sini juga beragam suku namun penduduk asli adalah suku Rejang.

Naah, di awal bulan Muharram ini, Bengkulu mempunyai Budaya yang di kemas dalam bentuk festival. Festival Tabut namanya. 

Festival Tabut merupakan upacara tradisional masyarakat Bengkulu untuk mengenang tewasnya cucu nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, Hasan-Husein, di Padang Karbala, Irak.

Festival Tabut dilaksanakan setiap tahun karena sudah menjadi angenda rutin dan termasuk dalam 100 Calender Of Event Kemenpar. Inilah saatnya Bengkulu mengenalkan ke masyarakat luas hingga mancanegara untuk mengunjungi wisata Bengkulu terkhusus di event Festival Tabut.

tabut, tabot, festival tabut, festival tabut 2018, pesona festival tabut

Festival Tabut tahun 2018 akan di laksanakan (1-10 Muharram) atau bertepatan dengan tanggal, 10-20 September 2018. Berbagai kegitan ada di dalamnya. Ritual Tabut sudah menjadi bagian besar di festival ini, selain itu kamu bisa menyaksikan berbagai pertunjukan seni, perlomban radisional yang diikuti oleh sepuluh kabupaten kota se-provinsi Benkulu.

Bukan hanya itu saja, kamu bisa menikmati sajian kuliner yang ada dan berbagai bazzar yang telah disediakan. Waah, sudah pasti seru dan asyik bukan? Sooo, jangan sampai anda lewatkan ya :D

Untuk Wisatawan juga bisa berkeliling kota Bengkulu melihat keindahan Pantai Panjang yang terbentang luas dan keindahan alam di kabupaten Kepahiang maupun Rejang Lebong (Curup) karena di sana memang banyak sekali wisata.

Tak lengkap rasanya, jika ke Bengkulu tidak lihat bungga Rafflesia yang menjadi ikon Bengkulu. Namun, bungga ini tidak mekar setiap saat, sehingga untuk melihatnya secara langsung kamu harus mencari tahu infonya bisa ke komunitas pencita puspa langka atau instagram @kpplbengkulu juga bisa ke instagram @wonderfulbengkulu karena disana akan update apabila ada puspa langka yang mekar.

Jadi event Festival Tabut ini merupakan event terbesar di Bengkulu dan akan di hadiri langsung oleh bapak Mentri Pariwisata, Arief Yahya dan jajarannya. Serta tak lupa juga teman-teman dari komunitas “Generasi Pesona Indonesia” (Genpi Nas) yang akan hadir.    

Soo, Jangan sampai kamu lewatkan ya!

Datang dan saksikan kemeriahan “Festival Tabut Bengkulu” yang akan dilaksanakan pada tanggal 10-20 September 2018 (1-10 Muharram) di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu.

Datang, Rasakan, Nikmati dan Resapi, jelajahi lebih jauh !


2 comments

Wah....semoga suatu hari berkesempatan ke Bengkulu buat menyaksikan Festival Tabut ini.

Reply

Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa komen di blog saya.

Powered by Blogger.