Menu
/
selalu-optimis-dan-terus-semangat, Begini Caranya Agar Kita Selalu Optimis dan Terus Semangat

Kehidupan manusia itu tidak ada yang selalu baik, semua pasti pernah mengalami yang namanya problem/masalah. Apalagi kita sebagai mahasiswa perantau dengan ekonomi yang pas-pasan pasti sering sekali berurusan dengan yang namanya masalah dan juga kehidupan kampus.

Entah itu dengan tugas yang diberikan dosen, tugas yang terlalu banyak, hingga persoalan ekonomi yang harus cermat dalam mengatur, kalau tidak bisa saja satu minggu harus puasa karena memang stok makanan sudah habis dan uang kiriman dari orang tua belum sampai atau belum waktunya. Pernahkah mengalami hal itu kawan?

Bukan cuma itu saja, persoalan pertemanan, cinta yang di tolak atau putus terkadang membuat galau, putus asa dan menyerah. Inilah bagian dari kehidupan yang kita jalani, skenario perjalanan hidup dari Tuhan yang penuh suka dan duka.

Namun hal-hal sulit selama menjadi mahasiswa harusnya dijadikan motivasi untuk lebih giat berusaha. Karena yang membedakan orang sukses dengan tidak adalah seberapa besar ia giat berusaha dan terus semangat mewujudkan impiannya.

Orang yang selalu optimis selalu mencari solusi dari setiap masalah yang ada. Berusaha sekuat tenaga agar keluar dari permasalahan yang terjadi. Mereka yang selalu optimis dan semangat cenderung yakin dan berharap bahwa setiap hal akan berubah menjadi baik. Bahkan jika sesuatu yang buruk terjadi, maka akan dianggapnya sebagai hikmah dari rencana Tuhan.

Berbeda dengan orang yang pesimis, mereka memandang bahwa permasalahan itu tidak ada solusinya, mudah putus asa, mudah menyerah dan lari dari kenyataan. Akhirnya bukan kesulitan hidup yang dapat teratasi melainkan masalah baru akan muncul dan menumpuk hingga menjadi beban berat dalam diri.

Lalu bagaimana caranya agar kita selalu optimis dan terus semangat, yuuk simak!

selalu-optimis-dan-terus-semangat, Begini Caranya Agar Kita Selalu Optimis dan Terus Semangat


1. BERSYUKUR

Hargai setiap momen saat ini dengan mensyukuri apa yang kita miliki, menyadari anugerah di sekitar kita. Rasa syukur akan selalu membuat kita optimis terhadap setiap situasi dalam kehidupan yang kita jalani. Jika dihitung nikmat yang Tuhan berikan niscaya kita tidak dapat menghitungnya. Untuk itulah pentingnya bersyur disetiap kondisi kita baik lagi susah maupun tenang.


2. EVALUASI KESALAHAN

Yang namanya manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Dan perlu diingat bahwa semua kesalahan bisa dikoreksi atau dievaluasi. Tinggal kemauan kita apakah mau berubah atau tidak.


3. JANGAN MERATAPI NASIB

Banyak dari kita ketika mendapat cobaan atau menghadapi masalah yang sulit langsung menangis. Memang tidak ada yang salah untuk meratapi nasib tapi jangan sampai berlarut-larut, ini akan menjadikan kita tidak dapat langsung move on dari masalah, akibatnya kita akan terus merenung dan menghambat untuk bangkit dan semangat.

4. TULIS MOTIVASI

Menulis quote-quote motivasi kemudian menyetaknya dan ditempel didinding. Ini juga salah satu cara yang baik untuk terus selalu optimis dan terus semangat setiap harinya, karena dengan menempelkan didinding, jika kita malas-malasan maka akan ingat dan baca tulisan motivasi tersebut, sehingga akan langsung membangkitkan optimis dan semangat

5. BUAT SAH

SAH adalah singkatan dari Sebuah Alasan Hakiki. Inilah yang saya buat dan merupakan point terpenting untuk terus optimis dan semangat dalam melakukan perubahan, karena kita punya SAH sehingga rasa malas yang muncul itu langsung hilang.


6. BANYAK BERDOA

Berdoa ini tidak dilakukan saat senang atau saat sulit saja, melainkan berdoalah setiap waktu, setiap saat. Dengan berdoa kita jadi lega karena unek-unek yang ada dalam hati bisa kita curahkan dengan mengadu kepada-Nya. Berdoa membuat hati kita tenang dan optimis bahwa ada kekuatan maha besar yang selalu mengiringi langkah-langkah kita dalam menjalani hidup yaitu Sang Pencipta

Nah itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan Agar Selalu Optimis dan Terus Semangat menjalani hidup. Sikap optimis sangatlah penting, optimisme membuat kita terus semangat dan energik, mengejar apa yang Anda inginkan penuh ambisi, percaya diri dan bahagia.
20 comments

Nice tipsnya Mas, keren kata SAH awalnya saya kira SAH apanya ternyata ada kepanjangannya. Mantap

Reply

Iyes, berpikir optimis membawa dampak positif pula bagi kesehatan jiwa raga

Reply

point ke-3 ngena banget Kuma, jangan meratapi nasib, hu um

Reply

Yes sepakat mas. Bersyukur atas segala nikmat yg sdh diberikan.
Yang terjsdi dan yg kita miliki tdk lepas dari pemberianNya

Reply

Ada tambahan lagi nih, Ikhlas (ikhlas dalam hal apapun)

Reply

Emang jadi perantau itu susah kak apalagi dulu aku pernah tinggal sama saudara dan nge kost dalam posisi belum mendapatkan pekerjaan sampai aku mengeluh dan nangis. Aku hanya bisa sholat, berdoa, dan mengaji supaya diberikan ketenangan dan jalan keluar

Reply

Sip deh tipsnya. Tetap optimis dan semangat ya :)

Reply

Semangat, harus selalu optimis ya :)

Reply

Keren kak tipsnya kirain td SAH dari penghulu hahahahah

Reply

Banyak berdoa dan berusaha itu harus seiring sejalan ya, Kuma :) Biar ikhtiar namanya gitu hehe... Semoga makin sukses di usia yang masih belia ini :) Aamiin.

Reply

Sejak smp aku mulai berlatih merantau. ada aja sih godaannya, taoi Alhamdulilah mampu teratasi. Kuliah, kerja dan sampai sekarang berkeluarga, aku menjadi perantau, yg selalu bersabar penuh karena jauh dr saudara

Reply

Bersyukur dan berdoa, mesti selalu dilakukan, biar selalu happy dan bersemangat ya kak... ^^

Reply

Banyak main juga mas..biar hidupnya lebih berwarna

Reply

Buat sah, ini juga berlaku untuk menikah mas hhha

Reply

Bersyukur dan banyak berdo'a, semoga Allah selalu memberikan kita semangat untuk selalu beribadah kepada-Nya...Aamiin

Reply

terima kaish sudah diingtakan ya kak...

Reply

sangat bermanfaat apalagi buat emak2 kayak saya yang sibuk ama urusan anak, kadang sempat frustasi

Reply

hihihi, iya mbak kita harus buat #SAH agar hidup bermakna.

Reply

betul banget mbak, jadi hal negatifnya luntur karena keseringan diisi hal yang positif saja

Reply

iya mbak, kadang kita masih saja ingat-ingat kejadian buruk yang pernah dilalui.

Reply

Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa komen di blog saya.

Powered by Blogger.