Menu
/
Pentingnya Memilik Jiwa pemenang di Zaman Now

Saat ini kita hidup di zaman modern yang semuanya serba modern dan canggih. Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat, begitu pula dengan dengan pola pikir dan gaya hidup manusia yang selalu berupaya untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. 

Seiring berkembang pesatnya zaman, menimbulkan persaingan-persangan dalam masyarakat. Persaingan ini muncul karena adanya modernisasi yang menutut manusia melakukan perubahan ke arah yang lebih kompleks, sehingga modernisasi membuat manusia saling berkompetisi meraih kedudukan yang diinginkan. Modernisasi memunculkan terobosan-terobosan baru dalam hal ilmu pengetahuan yang membuat segalanya menjadi lebih mudah. Namun bagi mereka yang belum mampu berkompetisi tentunya akan semakin  jauh tertinggal oleh peradaban.

Salah satu ciri modernitas adalah berkembangnya ketimpangan dan ketidak adilan sosial . Adanya ketimpangan dan ketidak adilan  sosial ini salah satunya disebabkan karena lemahnya jiwa kompetisi individu. Padahal di era modernisasi seperti ini orang berlomba-lomba menjadi pemenang. 

Contoh riil dari periku ini dapat dilihat dari tingkat pendidikan masyarakat Indonesia saat ini yang mengalami kenaikan. Ketika dahulu lulusan SMA dianggap lulusan yang paling rendah, maka di era Milenial seperti saat ini, dalam persaingan dunia kerja ijazah Sarjana sudah dianggap setara dengan ijazah SMA (tidak diprioritaskan sebagimana para magister maupun doktor). Bahkan tenaga pendidik Sekolah Menengah Pertama-pun saat ini  sudah banyak yang berijazah S2.  Maka tak heran, banyak persepsi mengatakan mereka-meraka yang sukses adalah sang pemenang. 

Tentu untuk menjadi seorang pemenang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu adanya usaha yang maksimal serta kemampuan menghadapi  masalah–masalah yang dapat menghalangi kita untuk meraih kesuksesan. Untuk tampil sebagai pemenang terlebih dahulu harus memiliki jiwa-jiwa pemenang. 

Bagaiman sih memiliki jiwa-jiwa pemenang? Simak yukk!

Pentingnya Memilik Jiwa pemenang

1. Milikilah niat dan tekad yang kuat


Niat dan tekad merupakan dua hal dasar yang harus dimiliki para jiwa pemenang.  Niat saja tidak akan cukup tanpa diikuti dengan tekad yang kuat, begitu juga sebaliknya. Niat dan tekad itulah yang nantinya akan menjadi inspirasi terbesar kita untuk meraih kesuksesan.  Seorang genius Bapak BJ Habibie pun meraih kesuksesan tidak semata-mata didukung oleh tingkat kecerdasannya yang luar biasa, tetapi juga didukung oleh niat dan tekadnya yang tak kalah luar biasa pula. Berkat niat dan tekad itulah suatu ketika Beliau dapat tampil sebagai seorang Perancang Pesawat dan Presiden yang terkemuka. 

2. Usaha yang maksimal


Jika niat dan tekad tersebut sudah melekat dalam diri kita, maka realisasikan tekad tersebut dengan berusaha. Kita tidak perlu risau apakah usaha kita akan membuahkan hasil sesuai yang diharapkan atau tidak, karena hasil yang kita peroleh pada dasarnya sesuai dengan usaha kita. Jika sudah berusaha dengan maksimal, yakinlah hasil yang akan kita perolehpun juga akan maksimal.

3. Manfaatkan waktu luang sebaik mungkin


Memanfaatkan waktu luang juga menjadi salah satu poin penting yang harus melekat pada diri seseorang yang memiliki jiwa pemenang. Berusahalah agar tidak ada waktu kosong yang digunakan untuk menganggur apalagi melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat. Ingat, waktu itu bagaikan pedang.  Waktu akan terus berjalan, kejadian yang telah berlalu tidak akan bisa diulang. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari

4. Senantiasa berdoa

Ketika kita sudah membulatkan niat dan tekad serta sudah berusaha dengan maksimal,   maka langkah  terakhir adalah berdoa. Kita perlu meminta keridhoan dari sang Pencipta kita. Karena biarpun kita sudah berusaha, takdir tetaplah berada di tanga-Nya. Berdoalah agar usahamu memperoleh hasil yang maksimal. Sadarilah bahwa sejatinya berdoa tanpa berusaha itu sia-sia, sedangkan berusaha tanpa berdoa menandakan adanya sikap sombong yang melekat dalam diri kita.

Itulah beberapa tips/cara yang dapat kita lakukan untuk memiliki jiwa seorang pemenang. Mari merubah pola pikir kita untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Jadikan era globalisasi sebagai ladang yang mempermudah kita meraih kesuksesan. Selamat berjuang. Semoga beranfaat

6 comments

Tips yang bermanfaat. Siapapun kita hendaknya memiliki jiwa pemenang. Bukan mengeluh dan minder sebelum berusaha. Nice sharing!

Reply

Usaha maksimal, tapi tetap harus berdoa ya kak. Semoga kita termasuk orang-orang yang memiliki jiwa pemenang... ^^

Reply

keren... akhir-akhir ini aku tertarik jadi blogger juga nih, ini kali pertama aku mampir ke blognya mas ahmad.. artikelnya bagus bagus.. sukses terus!

Reply

Nah bener sekali mbak. kadang kalau kita pernah menang jadi motivasi untuk terus menang, sehingga walaupun kita belum menag setidaknya mencoba untuk menang.

Reply

Aamiin. kita memang wajib memiliki jiwa pemenag kak.

Reply

Aamiin. Ayo kak Fitri, ngeblogger juga ya, enak lho entar juga ketagihan, selain bisa mencurahkan pikiran dan hati juga bisa jadi income lho.. hehehe

Reply

Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa komen di blog saya.

Powered by Blogger.