Menu
/
4 Produk Ungulan Bengkulu

Bengkulu, salah satu provinsi yang ada di Pulau Sumatra dan berbatasan langsung dengan provinsi Sumatra Barat. Dengan luas wilayah yang mencapai 1.978.870 hektar dan sebagian daerah pegunungan dan bukit barisan tuntunya sangat memungkinkan untuk meningkatkan Komuditas Unggulan dibidang  Argo-Maritim dan Hilirisasi. 

Oleh sebab itu, kebijakan dan program yang dilakukan meliputi intensifikasi dan diversifikasi produk unggulan Agro-Maritim. Seperti pengembangan tanaman unggulan dan pengembangan perikanan budi daya.

Beberapa Produk Unggulan Provinsi Bengkulu diantaranya:

1. Jeruk Gerga

Jeruk Gerga adalah salah satu produk pangan unggulan Provinsi Bengkulu dan telah bersertifikat, bebas dari zat berbahaya. Jeruk Gerga memiliki bentuk yang berbeda dari jerus manis pada umunya. Kulitnya agak tebal, memiliki tekstur dan warna orange menyala seperti jeruk Mandarin. Jeruk yang banyak ditemukan di Kabupaten Lebong ini memiliki aroma dan rasa yang khas.

2. Pisang Curup

Oisang Curup adalah pisang yang banyak diproduksi di Kabupaten Rejang Lebong. Pisang sejenis pisang ambon ini banyak diminati pecinta pisang, karena memiliki rasa manis dan aroma yang khas.

Pisang Curup salah satu produk pangan unggulan Provinsi Bengkulu yang telah bersertifikat, bebas dari zat berbahaya ini, umumnya banyak dijual di jalan lintas Bengkulu-Sumatera Selatan dan banyak diminati luar daerah Bengkulu sebagai oleh-oleh.


3. Udang Vaname

Provinsi Bengkulu memiliki wilayah kelautan dan perikanan yang potensial. Termasuk potensi budidaya udang vaname yang terletak di Bengkulu Tengah dan sebagian daerah lainnya.

Meski pengembangan produk unggulan Udang Vaname belum tergarap dengan baik. Namun hal tersebut memiliki potensi yang sangat besar.

Udang Vaname sebagai salah satu produk unggulan sektor maritim/perikanan Provinsi Bengkulu dari sisi kualitas tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya. 


4. Jeruk Kalamansi

Jeruk Kalamansi menjadi salah satu produk unggulan Provinsi Bengkulu karena tingginya daya jual dan cepatnya masa produksi buah. Jeruk Kalamansi memilki masa produksi buah yang terbilang cepat, yaitu enam bulan setelah masa tanam. 

Permulaan gerakan budidaya jeruk Kalamansi ini ditandai dengan pencanangan gerakan “Satu Desa Satu Produk” oleh Wakil Presiden Boediono pada tahun 2009.

Plt Gubernur Bengkulu pada salah satu kesempatan secara khusus pernah meminta warga Kelurahan Padang Serai Kota Bengkulu untuk menanam Jeruk Kalamansi disepanjang depan rumah masing-masing, saat kelurahan tersebut diresmikan menjadu kampung digital Jeruk Kalamansi. 
jeruk kalamansi

Jeruk Kalamansi juga merupakan salah satu produk pangan unggulan Provinsi Bengkulu dan telah bersertifikat, bebas dari zat berbahaya.

Dari ke empat produk ungulan tersebut tentunya kita sudah familiar dengan jeruk kalamansi, karena produk ini sangat mudah sekali dijumpai di aneka toko oleh-oleh hingga mini market pun ada produk ini.

jeruk kalamansi

Budidaya tanaman Jeruk Kalamansi ini sangat mudah dan siapapun pasti bisa bahkan banyak yang membudidayakannya dengan pot/ember yang terisi tanah yang subur.

Buah Jeruk Kalamansi yang kecil-kecil dan rasanya sedikit asam tentunya banyak sekali kandungan vitamin C sehingga sangat baik untuk kebutuhan nutrisi tubuh jika mengkonsumsinya secara teratur.

Jeruk Kalamansi ini buahya lebat sekali hingga membutuhkan penyangga di setiap dahannya ketika berbuah. Sekali panenpun dari satu pohon Jeruk Kalamansi in bisa mencapai beberapa ember. 

Dengan banyaknya buah setiap panen dan masa jeruk yang cepat membusuk jika tidak segera dikonsumsi, maka masyarakat Bengkulu membuat inovasi agar Jeruk Kalamansi ini bisa tahan lama dan awet. 

Salah satu inovasinya dari Jeruk Kalamansi adalah dengan kemasan dalam sirup botol sehingga produknya bisa bertahan lama dan tentuntya membuat harganya naik. Banyak olahan Jeruk Kalamansi ini sehingga ada yang bisa di minum secara langsung dan ada juga yang membutuhkan sedikit air dan gula. 

Jeruk Kalamansi ini cocok diminum dengan es sehingga rasa dahaga bisa lansung hilang.

jeruk kalamansi
Bapak PLT Gubernur saat melihat-lihat produk jeruk kalamnsi
Tulisan ini di buat dalam Bimbingan Teknis Pembuatan Blog oleh Diskominfotik Provinsi Bengkulu

Referensi: 
1. http://bengkuluprov.go.id/jeruk-kalamansi-produk-unggulan-bengkulu/
2. Gambar dari Google
3 comments

itu yang dipegang pak Gubernur Bengkulu olahan jeruk kalamansi kan kum? agak coklat gitu, itu dodol ya?

Reply

Bentuk dan rasa jeruknya apa berneda dg jeruk biasanyakah?

Reply

Duh, kebayang seger sirupnya diminum saat terik..

Reply

Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa komen di blog saya.

Powered by Blogger.