Menu
/
kopi-gading-cempaka, kopi-gading-cempaka-bengkulu, nikmatnya-kopi-gading-cempaka-bengkulu, Nimatnya Seduhan Kopi Gading Cempaka Bengkulu

Bengkulu, banyak masyarakat luar yang belum tahu Bengkulu. Bengkulu dimana sih? Kalimantan atau sumatra? Nah, pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering kita jumpai saat berbergian keluar kota atau saat berkenalan dengan orang luar daerah. 

Sedih gak sih? Masa kota sejarah banyak yang gak tahu. Kebanyakan masyarakat luar tahu Bengkulu karena kekerasan orangnya yang pernah viral dijagat maya maupun televisi nasional, apalagi kalau bukan kasus pencabulan siswi SMP oleh 14 remaja hingga tewas dan berbagai kasus koprupsi di jajaran kepala pemerintahan.

Sebenarnya, Bengkulu merupakan kota yang indah, ramah akan masyarakatnya, tradisi dan budaya yang sangat banyak dan unik, belum lagi tempat-tempat sejarah dan wisata yang indah nan mempesona. Penasarankan coba deh berkunjung ke Bengkulu!

Untuk soal kuliner sudah pasti akan mengoyang lidah karena rasa makanan yang khas dan juga enak, ditambah minuman yang memang sudah menjadi legenda yaitu kopi.

Saat ini, Provinsi Bengkulu baru menempati posisi ketiga dari lima daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia. Bengkulu mampu menghasilkan 88.861 ton tiap tahun. Selain itu, Bengkulu merupakan daerah segi tiga emas penghasil Robusta terbesar ketiga di pulau Sumatera setelah Sumatera Selatan dan Lampung.

Banyaknya kopi menjadikan para Pelaku Usaha Kopi mengembangkan inovasi dalam pemasarannya dan menjadikan nilai jual kopi menjadi tinggi, sehingga keuntungan dari produsen kopi bisa meningkat. Salah Satunya adalah “Kopi Gading Cempaka”.
kopi-gading-cempaka, kopi-gading-cempaka-bengkulu, nikmatnya-kopi-gading-cempaka-bengkulu, Nimatnya Seduhan Kopi Gading Cempaka Bengkulu
Kopi Gading Cempaka merupakan kopi premium yang menghadirkan dua varian yaitu Robusta Premium dan Arabika Premium. Kopi premium Bengkulu ini memiliki quote yang sering digunakan: 

"Kopi Robusta boleh ada dimana-mana. Tapi soal kenikmatan rasa, kopi robusta Bengkulu berani beda. Buah kopi robusta kami, lahir dari proses panjang tradisi perawatan yang sudah turun temurun. Karena itu, rasakan sensasi kopi robusta Bengkulu."

Nama Kopi Gading Cempaka ini di ambil karena filosofi lokal yang mengakar pada masa dahulu kala, diangkat kembali kepermukaan untuk mengabadikan sejarah leluhur kisah perempuan cantik Putri Gading Cempaka.

Putri Gading Cempaka merupakan putri bungsu dari Raja Ratu Agung (pendiri sekaligus Raja pertama Kerajaan Sungai Serut). Seorang putri cantik rupawan dari titisan Kerajaan Majapahit. Bukan hanya perawakannya yang mempesona, putri gading juga memiliki kecerdasan yang rupawan.

Wajar, jika pangeran dari Aceh tergila-gila padanya. Hingga terjadilah perang dahsyat antara kerajaan Bengkulu dengan pasukan pangeran Aceh lantaran pinangan ditolak oleh Putri Gading Cempaka. Namun disini saya tidak menceritakan sejarah panjang Kopi Gading Cempaka yang panjang tapi sobat bisa mengunjungi webnya langsung di www.kopigadingcempaka.com

Walaupun Kopi Gading Cempaka belum pernah tercatat dalam 'buku sejarah' perkopian Bengkulu bahkan Indonesia, namun dengan citra rasa yang khas yang ada pada kopi gading cempaka semoga bisa mengharumkan nama Bengkulu dalam citra rasa minuman kopi. 
kopi-gading-cempaka, kopi-gading-cempaka-bengkulu, nikmatnya-kopi-gading-cempaka-bengkulu, Nimatnya Seduhan Kopi Gading Cempaka Bengkulu
Mau tahu bagaimana proses produksi Kopi Gading Cempaka? Berikut inilah proses panjang produksinya hingga menghasilkan kopi yang berkualitas,

  • Petik matang (merah), pemetikan buah kopi yang benar-benar matang dari pohonnya.
  • Proses sortasi tahap pertama, sortasi tahap pertama dilakukan untuk memastikan bahwa yang dipetik tidak ada cherry yang busuk, selain itu juga memisahkan dengan cherry-cherry yang masih belum matang
  • Dilakukan penjemuran, penjemuran dilakukan ditempat terbuka agar terkena sinar matahari langsung
  • Pengupasan kulit
  • Sortasi tahap kedua hingga menjadi biji kopi pilihan (premium), sortasi tahap ini memisahkan biji kopi hitam, rusak karena gilingan dll hingga bersih
  • Roasting, sebelumnya dilakukan roasting, dilakukan proses sortasi yang ketiga dengan memastikan kembali bahwa tidak ada biji hitam atau rusak, karena biasanya masih ada yang tidak terdeteksi hingga perlu sortasi tahap ketiga ini
  • Pasca roasting dengan memastikan tidak adanya biji yang pucat atau tidak sama dengan biji-biji lainnya, kemudian didiamkan selama 12-24  jam untuk membuang gas yang terkandung.
  • Proses selanjutnya dilakukan penghalusan (penggilingan)
  • Setelah halus, kopi didiamkan selama 15-30 menit untuk menghilangkan gas, kemudian dilakukan pengepakan (dimasukkan dalam kemasan)

Pendiaman pasca roasting memerlukan waktu (12-24 jam++) dan penghalusan (15-30 menit++) untuk menjaga kualitas rasa. Itulah mengapa Kopi Gading Cempaka dikategorikan kopi premiumnya Bengkulu, karena proses yang dilaluinya panjang untuk menghasilkan kualitas cita rasa yang kas dan enak.

Sesuai judul yang saya buat, tentang Nimatnya Seduhan Kopi Gading Cempaka berikut Cara Menyeduh Kopi Yang Nikmat ala Ahmad Kumaedy
kopi-gading-cempaka, kopi-gading-cempaka-bengkulu, nikmatnya-kopi-gading-cempaka-bengkulu, Nimatnya Seduhan Kopi Gading Cempaka Bengkulu


Cara Sederhana Menyeduh Kopi


  1. Siapkan bahannya dulu (kopi gading cempaka/ atau yang lain, gula atau cream susu) !
  2. Masak air hingga mendidih kira-kira suhunya 94-96 derajat Celcius (diira-kira saja air mendidih kemudian diamkan dulu sekitar 2-3menit, karena air mendidih suhunya 100 derajat Celcius)
  3. Masukkan kopi kedalam cangkir 1,5-2 sendok teh (sesuai selera dan wadah cangkir)
  4. Disaat bersamaan masukkan juga gula atau cream susu secukupnya
  5. Tuangkan air panas kedalam cangkir kopi dengan memutar
  6. Aduk secara merata dan diamkan sekitar 5 menit
  7. Kopi siap dinikmati

Cara di atas adalah cara tradisional yang biasa orang lakukan ketika menyeduh kopi dirumah masing-masing. Berbeda kalau kita pergi ke kedai kopi pasti prosesnya mengunakan alat-alat modern. Namun cara diatas sudah benar dan kopi juga terasa nikmat untuk dinikmati. Jangan lupa sediakan cemilan atau kue saat menikmati kopi ya, karena ngopi tanpa pasangan cemilan juga terasa gak enak, ada sesuatu yang hilang gitu.. 

Tambahan informasi bahwa Kopi Gading Cempaka menyediakan dua produk utama baik berupa 'roasted beans' ataupun 'ground coffee beans' dengan harga yang tidak menguras dompet [ada harga, ada kualitas]:

ROBUSTA PREMIUM
Isi 200 gram = 30.000*

ARABIKA PREMIUM
Isi 100 gram = 20.000*

*untuk harga Reseller or Dropshipper hubungi kontak di bawah

Cara pemesanan sebagaimana berikut ini:

A. Online:
- WA 08117321511/ 081995850700
- Twitter @kopigadingID
- Fanpage Kopi Gading Cempaka
- IG @kopigadingcempaka
- www.kopigadingcempaka.com

B. COD di studio Radio B-One FM Kota Bengkulu- Jalan S. Parman No. 117 Padang Jati Ratu Samban Kota Bengkulu.

"Kopi Gading Cempaka, Berani Beda"

Berikut merupakan testimoni yang saya berikan setelah mencoba merasakan sendiri kenikmatan dan rasa yang khas dari Kopi Gading Cempaka
kopi-gading-cempaka, kopi-gading-cempaka-bengkulu, nikmatnya-kopi-gading-cempaka-bengkulu, Nimatnya Seduhan Kopi Gading Cempaka Bengkulu
23 comments

eh ternyata kopi mengandung gas ya, sampai didiamkan begitu untuk membuang ganya. mantab nih memang kopi gading cempaka

Reply

Zamab sekarang ada yg masih blm tahu dimana Bengkulu? Duh nilai pelajara IPS nya waktu SD berapa sih? *tepokjidat
anyway, aku juga suka kopi ini. Enak dan beda dari kopi lainnya.

Reply

Pagi-pagi jadi semangat ada seduhan kopi gading cempaka ya kak..

Reply

Keren ya kak, kopi gading cempaka ini.. Panjang banget proses produksinya, wajar aja kalo kualitasnya bagus banget.. ^^

Reply

Proses produksi kopi gading cempaka panjang ya kak... wajar aja rasanya enak dan khas banget

Reply

Lebih enak lagi kalo minum kopi gading cempaka sambil dengerin lagu dan nonton film pasti seru banget kak

Reply

Mantap nian itu minum kopi di musim ujan gini

Reply

Waaahhh belum pernah nyoba nih kopi Bengkulu..Jdi pengen nyobain...

Reply

mau bang kopinya, kirim kirim kwkwkw

Reply

Dari ulasannya sepertinya sangat nikmat...mudah2an sampai ke bandung produknya...

salam dari bandung,,,

Reply

wahh,, belum pernah cobain. Jadi penasaran sama rasanya..

Reply

wah ternyata di bengkulu juga ada produksi kopi juga, lumayan ini bisa bantu UMKM setempat mas.

Reply

Mantep nih kayaknya kopinya

Reply

Woh, kopi baru ya perlu dicoba ni

Reply

Kopi legend ini, seruput tetus mas

Reply

Udah nyicipin, enak banget kopinya

Reply

ditunggu seduhan berikutnya om wkwkwk

Reply

Wahh..saya baru tahu nih kalau di Bengkulu ada produksi kopi juga. Jadi penasaran euy sama rasanya.

Reply

Belum pernah lihat kopi ini di pusat perbelanjaan :D
Semoga semakin menasional ya produknya

Reply

gegara kopi ini saya jadi senang ngopi, hahaha

Reply

Jadi pengen ngajakin tukeran kopi ^^
Kopi Lombok barter kopi Bengkulu.

Reply

Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa komen di blog saya.

Powered by Blogger.