Semangat Ngeblog Itu Muncul Kembali

kumaseo.com, Semangat Ngeblog Itu Muncul Kembali

As-ѕаlаmu'alaykum,,,,
Hay sobat, kali ini kumaseo mencoba berbagi cerita ngeblog pertama kali sampai melang-lang buana menjadi youtuber hingga akhirnya ngeblog lagi.

Sebenarnya saya mengenal dunia blogging ini sudah lama yaitu pertengahan tahun 2015 dari salah satu teman saya. Namun karena saya gaptek sekali tentang blog, bahkan belum tahu, jadi yang dijelaskan teman saya tadi tidak dapat saya mengerti, bahkan membuat saya pusing. Karena saya kalau online bukanya fb dan youtube. Yaah seputar itu saja dan browsing untuk tugas kuliah. Tidak terpikir untuk ngeblog. 

Dan temen saya ini terus saja menceritakan pengalaman ngeblognya, saat mendapatkan hadiah dari kontes blog, sampai bergajian dari adsense, sehingga membuat saya semakin penasaran. Kog bisa ya? 

Dari sinilah saya semakin kepo tentang ngeblog. Dan mencari tahu di internet dengan mengetik “cara menghasilkan uang di blog”. Setelah saya baca-baca dari beberapa artikel, ini membuat kepala saya semakin pusing. Membuat blog saja tidak bisa, apalagi mendesain tampilan dan sebagainya. 

Namun karena rasa ingin tahu saya begitu besar, jadi saya mencoba membuat blog dengan paduan yang ada di youtube. Ehh, ternyata berhasil juga. Saat blog sudah siap dan dengan tampilan yang minimalis karena mengunakan templates bawaan blogger dan saya mulai mengisinya dengan artikel. Saat itu saya masih kopi paste dari blog yang tulisannya bagus. 

Selama kurang lebih 2 bulan saya ngeblog dan saya ceritakan ke teman saya tadi kog blog saya tidak dapat menghasilkan uang? 
Dia menjawab santai,

“Ya jelaslah gak dapat uang, itu blognya masih kopi paste dan tidak memenuhi persayaran pengiklanan google”. 

Dari situlah saya mulai fustasi untuk ngeblog, udah susah, gak dapat apa-apa lagi. Kemudian saya memutuskan untuk tidak melanjutkan aktifitas ngeblog lagi.

Waktu begitu cepat berlalu, di awal tahun 2016 saya mencoba keberuntungan saya di dunia youtube untuk menjadi youtuber. Aktivitas editing video merupakan salah satu hobi saya. Saya membuat video-video slide yang powerfull dan berbagai video lainnya. 

Video-video tersebut saya upload di beberapa channel yang saya miliki. Menjadai youtuber pun sangat susah sekali untuk mendapatkan uang. Namun saya tidak menyerah karena berbekal dari hobi saya ini. Untuk menunjang editing saya, saya membeli beberapa sofware animasi grafis di antaranya Video Scribe, Video Maker FX, dan Easy Sketch Pro sehingga membuat hasil kreasi video saya semakin bagus. 

Selama 6 bulan berjalan akhirnya saya mendapatkan uang dari video yang saya upload di youtube. Google adsense saya sudah memenuhi ambang untuk di ambil. Bahagianya saya ketika menerima transferan dari google adsense.
Semangat dalam diri yang berkobar tinggi, hingga membuat saya sering begadang hingga larut malam untuk membuat video. Dan ternyata benar, semakin banyak video yang saya upload semakin banyak uang yang masuk di dasbord adsense.  Akibat keseringan begadang, sehingga ketika kuliah pagi saya mengantuk, sempat juga ditegur dosen karena tertidur saat kuliah sedang berlangsung dan tugas kuliah pun saya sering minjam punya teman.

Menjadi youtuber ini tidak berlangsung lama, saya hanya merasakan 6 kali gajian dari adsense kisarannya pun berbeda-beda 1,5 juta sampai 2 jutaan. Namun saya merasa bangga waktu itu, karena menjadi mahasiswa yang punya penghasilan dari internet.

Malang nasibku menjadi youtuber, tepatnya di bulan Desember 2016, youtube melakukan update algoritma yang berimbas pada channel-channel yang saya buat terkena suspen. Ini terjadi bukan pada saya saja, banyak sekali teman-teman di group youtuber indonesia yang juga terkena imbasnya. Tidak tau pasti apa penyebabnya, mengajukan banding pun ditolak walau ada yang berhasil di terima. Dari 5 channel yang saya urus hanya 1 yang berhasil di selamatkan. 

Saya kembali membuat channel lagi dan mulai saya mengisi video. Namun channel-channel yang saya buat tidak berumur lama, hanya 2 bulanan kemudian terkena suspen kembali dengan teguran melanggar pedoman komunitas. Waktu yang saya habiskan untuk membuat video ternyata sia-sia saya pun tidak semangat lagi untuk membuat video.

Saya sempat vakum diinternet, yang saya buka hanya fb untuk melihat pemberitahuan dari temen-temen. Entah secara sengaja atau tidak, saya menemukan bahwa ada komunitas blogger di Bengkulu. Saya tahu dari salah satu temen fb saya yang mengupload foto kopdarnya. Entah itu kopdar yang ke berapa saya kurang tahu. Mulailah saya cari tahu dan ternyata sudah ada yang membuat groupnya di fb. Kemudian saya join di group Komunitas Blogger Bengkulu. Ternyata di komunitas ini sering mengadakan acara kopdar bahkan tiap bulannya.

Blogger Bengkulu, Kopdar Blogger, Kopdar Blogger Bengkulu

Dari sinilah timbul semangat saya untuk memulai ngeblog lagi. Dengan mengikuti kopdar pertama saya sebagai seorang blogger. Pada waktu itu ternyata Kopdar Blogger Bengkulu yang sudah ke-8. Wah ternyata sudah berjalan 8 bulan yaa…

Saya banyak mendapatkan teman baru disini yang hobi ngeblog. Mereka adalah teman yang baik, karena setiap ada info job, selalu di beritahukan ke anggota lainnya. Telebih lagi ternyata yang mengetuai dan mendirikan ini adalah mbak Mildaini. Beliau merupakan mom blogger dan penulis buku. Bahkan buku karyanya pun banyak sekali. Sehingga beliau inilah yang menyemangati saya dan temen-temen di komunitas Bloger Bengkulu untuk lebih produktif menulis. 

Menulis bukan perkara mudah bagi saya, karena butuh konsentrasi dan alur yang tepat sehingga tulisan kita bisa bermakna dan menarik untuk dibaca. Nah inilah problem yang saya hadapi. Semoga dengan berjalannya waktu saya bisa semakin aktif menulis, baik menulis review, lomba blog ataupun yang lainnya.

Walapun usia blog saya ini masih berumuran jagung, namun saya memberanian diri untuk mengikuti lomba. Dan inilah salah satu lomba yang pertama kali saya ikuti sebagai seorang blogger untuk ulang tahun ke-6 tahun Warung Blogger. Semoga Warung Blogger menjadi lebih baik dari tahun ke tahun, semakin eksis, dan semakin jaya. Salam Sukses Selalu (S3)

“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog ulang tahun ke-6 tahun Warung Blogger

ulang tahun ke-6 tahun Warung Blogger

24 comments for "Semangat Ngeblog Itu Muncul Kembali"

  1. Wah, semangat ya nge-blog nya dan terus semangat. Semoga menang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin,, Semangat terus kak, Perjuangan itu dimulai lagi.

      Delete
  2. Semangat terus mas,, Usaha tidak pernah menghianati hasil, jangan lupa berdoa juga. hehe

    ReplyDelete
  3. Kisahnya sangat menarik di dunia perinternetan, saya juga sangat senang dengan dunia internet. tolong bimbingannya y...heee
    semoga lombanya menang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin,, Iya mbak, kita sama-sama belajar iya.. hehehe

      Delete
  4. ceritanya inspiratif, terus semangat kak, ajari kita-kita juga ya. semoga menang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin,, Makasih ya dek. InsyaAllah, kita sama-sama belajar ya,,

      Delete
  5. Ayo semangat ngeblog!Btw, blognya sudah bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak. Semangat terus pokoknya. hehehe

      Delete
  6. Semngat ngblog mas, semoga bisnis ny lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, iya mbak ayo semagat ngeblognya.

      Delete
  7. Replies
    1. Terimakasih mbak Zefy, Semangat terus pokoknya. Pantang menyerah...

      Delete
  8. Keren nih..semangat trus mas kuma..��

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih.. Iya kak, kita harus semangat terus neh..

      Delete
  9. Likaliku menjadi seorang blogger ya mas , semoga terus semangat dan konsisten ya mas kuma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah mbak, InsyaAllah akan terus konsisten.

      Delete
  10. Sukses ya mas :D
    ane yg di youtube juga mau PO. mudah-mudahan tahun ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Semangat mas, saya juga masih jadi youtuber.

      Delete
  11. Ayo semangat ngeblog, insyaaAllah klo udah rajin dan produktif, rezeki akan mengikuti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, InsyaAllah mbak, akan terus semangat mbak.

      Delete
  12. keren banget dapetin 1,5 mpe 2 juta dari video lalu saya minta ajarin hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa komen di blog saya.