Kopdar Blogger Bengkulu dan Popularkan Kopi Bengkulu

Kopdar Blogger, Kopdar Blogger Bengkulu

As-salamu’alaykum….
Hay sobat blogger, apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat ya, karena nikmat sehat merupakan nikmat yang tiada tara oleh karena itu wajib setiap orang untuk mensyukuri nikmat yang di berikan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Coba bayangkan jika sobat sakit, pasti tidak bisa beraktivitas seperti melakukan pekerjaan yang biasa di kerjakan atau melakukan aktivitas lain. Untuk itu kumaseo selalu mengajak untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga rutin dan mengkonsumsi makanan-makanan sehat iya..

Langsung saja ya sobat, kali ini kumaseo ingin mengulas tentang Kopdar Blogger Bengkulu yang diadakan pada Minggu, 21 Mei 2017. Kopdar Blogger ini sejatinya merupakan agenda rutin di setiap bulannya yang dilakukan komunitas Blogger Bengkulu. 

Kopdar ini merupakan kopdar yang ke-3 yang kumaseo ikuti sejak bergabungnya saya di Komunitas Blogger Bengkulu. Disetiap kopdar akan ada ulasan dari kumaseo, namun kali ini agak sediit terlambat, karena seminggu sebelum puasa ramadhan saya pulang kampung alias mudik sehingga baru membuat uasannya.

Kopdar Blogger Bengkulu ini sejatinya sudah yang ke-10 sejak didirikannya. Udah lama bukan? Disetiap kopdar juga punya cerita tersendiri dan tema yang berbeda-beda disetiap pertemuannya. Sobat dapat membaca keseruan Kopdar Blogger Bengkulu Ke-VIII dan Kopdar Blogger Bengkulu April 2017 Seru dan Asyik.

Pada Kopdar kali ini Blogger Bengkulu digandeng oleh Disperindag Provinsi Bengkulu sehingga kopdarnya bertempat di kantor Disprindag yang beralamat di Jln S. Parman Kel. Padang Jati Kota Bengkulu. 

Tema yang di usung kali ini adalah “Menuju Konfrensi Kopi Dunia di Bengkulu”. Tema ini diangkat karena gagasan Gubernur Bengkulu Bapak Ridwan Mukti yang ingin menjadikan Kota Bengkulu sebagai Surganya Kopi.

Memang benar, Bengkulu adalah salah satu provinsi yang dengan produksi kopi terbesar di Indonesai selain lampung dan Sumatra Selatan. Menurut Badan Pusdat Statistik (BPS) tahun 2016 mencapai 66.999 petani kopi yang tersebar di 10 kabupaten/kota Bengkulu dengan produksi mencapai 55.168,9 ton. 

Kopdar ini dihadiri oleh bapak Lierwan selaku Kadis Perindag Bengkulu, yang menekankan pentingnya para Blogger dan media digital untuk mempopularkan Kopi Bengkulu di kancah nasional hingga internasional. Yang juga merupakan rencana bapak Gubernur Bengkulu yang berencana menggelar “Kopi Robusta Bengkulu Menuju Konfrensi Kopi Dunia” dengan Bengkulu sebagai tuan rumahnya.

Kopi Bengkulu

Dalam pertemuan ini juga terjalin Komitmen antara Bloger Bengkulu, Deperindag, Pelaku Usaha Kopi dan Media Center Bengkulu untuk saling membantu dalam memperkenalkan dan meningkatkan pemasaran Kopi Bengkulu yang memang sudah memiliki kualitas dunia.

Diantaranya Pelaku Usaha Kopi yang turut hadir yaitu: Edu Coffee, Villco, Sintaro, Kopi Redjang, Bengkulu Mountain Coffee, Trabas dan Konakito Coffee. Sebenernya masih banyak varian kopi lainnya yang ada di Bengkulu. Namun merekalah yang hadir pada pertemuan kali ini. Mereka memaparkan produk usahanya dari segi ekonomis dan keunggulannya.

Jejak Aktivis

Juga dibagikan kepada seluruh peserta blogger yang hadir sebuah buku yang berjudul “Jejak Aktivis Konsistensi Perjuangan Idealisme” Buku ini menceritakan betapa pengaruhnya pendidikan, tauladan dan ketokohan yang diberikan para pendidik (dosen) hingga mempengaruhi sikap dan prilaku mahasiswa, dan terus dipertahankan hingga mereka meniti karir. 
Dan juga dapat menjadi salah satu tolak ukur untuk melihat kemajuan bangsa indonesai. Kаrena di buku “Jејak Aktіvis” іnі kitа dаpat melіhаt konsistensi, kоmіtmen keреduliаn, dаn рerјuangan tаnрa hеnti рara aktivіs untuk mеngabdіkаn dіrіnуа pаdа іndоnesіa, ѕejаk merеkа maѕіh mеnjadі mаhasіѕwа hіngga kіnі mеndudukі jabаtan рublik atau mеnjadі рrofeѕiаnal dі bіdаngnуа.

Diakhir acaara Kopdar Blogger Bengkulu diisi dengan sharing tentang Vlog dan Video Motion Grafis, sesi ini saya sendiri yang mengisi, saya sempat binggung saat diberitahu mbak Milda kalau saya yang mengisi sesi ini. Kalau di jadwalkan itukan dari Media Center yang ngisi sesi ini. Diberitahu mendadak pula..(tepuk jidat deh, hehehe)

Karena saya sendiri belum pernah nge-Vlog jadi saya usulin aja sama mbak Milda kalo yang ngisi sesi ini mas Prio saja, beliau kan yang main Vlog. Nah kog saya yang jadi coach disesi ini. 
Haduuh, gak ada persiapan apapun jadi saya bingung bagaimana menjelaskannya. 

Akhirnya saya isi sharing aja Cara Membuat Video Motion Grafis, kebetulan saya punya sofware Video Maker FX jadi saya manfaatin aja yang ada. Sofware ini sofware berbayar, saya membelinya 100 ribu waktu itu ketika aktif di dunia per-youtuban. Walaupun sekarang tidak se-aktif dulu namun saya masih main youtube juga. Karena menjadi youtuber sekarang berbeda degan yang dulu, dulu mudah sekali memperoleh dolar, tapi sekarang semenjak banyak peraturan dan algoritma youtube yang sulit jadi banyak juga para youtuber yang beralih ke yang lain untuk mendapatkan uang salah satunya ya ngeblog kembali seperti saya.

Walaupun saat mengisi sesi ini saya kurang pede, dan alurnya kesana-kesini, Semoga apa yang saya bagi dapat bermanfaat ya buat Sobat BoBe. Saya juga mohon maaf kalau banyak yang tidak mengerti dari apa yang saya jelaskan. Semoga kedepannya bisa menjadi lebih baik.. Aamiin

Demikian ulasan yang dapat kumaso berikan mengenai Kopdar Blogger Bengkulu Yang Ke-10Semoga kedepannya BoBe lebih banyak lagi anggotanya dan semakin eksis di dunia kepenulisan blog. Aamiin.

Terimakasih.. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

8 comments for "Kopdar Blogger Bengkulu dan Popularkan Kopi Bengkulu"

  1. terimakasih info dan software ny mas.. :D

    ReplyDelete
  2. Wah motion grafis, kaya mana ya, pingin tau euy, taunya baru stop motion aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kalo stop motion kan kita jepret pake camera, kalo ini pake sofware video maker fx yang di dalamnya sudah disediakan temanya, jadi tinggal pilih di sesuaikan keinginana.

      Delete
  3. hehheheee....jadi kemarin itu dadakan mas kuma? hehheheeeehheee....itu namanya penodongan mas :D

    tapi keren kok kemarin penjelsannya

    ReplyDelete
  4. iya mbak. itulah emak bobe, di kasih taunya pas disana, karena dari media center gak datang. Terimakasih ya mbak..

    ReplyDelete
  5. kopdar bobe selalu seru.. makasih juga mas Kum.. share ilmunya

    ReplyDelete
  6. wah lelaki paling bawah di foto paling atas ituh sapa yah wkwkwkwkk

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa komen di blog saya.