Menu
/
Cara Membayar Pajak, Cara Membayar Pajak Kendaraan, Cara Membayar Pajak Motor, Cara Membayar Pajak Mobil, Langkah-langkah Membayar  Pajak

Cara Memperpanjang/Membayar Pajak Kendaraan di Samsat - Membayar pajak sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang yang memiliki kendaran, baik itu motor ataupun mobil. Sebagai Warga Negara yang baik tetunya harus taat akan peraturan hukum salah satunya dengan membayar pajak. Membayar Pajak kendaraan dilakukan setiap tahun sekali. Untuk melihat kapan jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan, sobat bisa melihatnya di STNK yang tertera.

Pada kesempatan kali ini kumaseo akan berbagi pengalaman mengenai bayar pajak motor di Gerai Samsat MegaMall Bengkulu. Bayar pajak ini sebenarnya sangat mudah dan gampang kalu semua persyaratannya lengkap, tapi ya proses antrinya itu lho yang bikin ngeeh..

Tanggal 10 Mei 2017 saya datang ke Gerai Samsat MegaMall Bengkulu, saya datang agak siangan sih sekitar jam 10.30 pas lihat antriannya,,, MasyaAllah,, Sampai sampai kursi tunggunya penuh bahkan banyak yang berdiri untuk mengantri Bayar Pajak

Waktu itu saya tidak membawa KTP Asli pemilik kendaraan. Karena ini motor kakak saya jadi yang tertera dikendaraan atas nama kakak. Jadi saya langsung tanya saja sama petugas samsat.

Dari pihak samsat sih tidak mempermasalhkan itu KTP Asli atau photocopy yang penting kan identitasnya jelas dan punya uang untuk membayar pajak.

Karena saya tidak membawa KTP Asli pemilik kendaraan, maka saya disuruh tanya langsung sama petugas kepolisian yang bertugas disana. Kata beliau kalo tidak membawa KTP Asli yang tertera di kendaraan tidak bisa membayar pajak. Duuh, saya bingung karena batas jatuh temponya tinggal 2 hari. Dan hari besoknya itukan tanggal merah.

Dalam pikiran saya teringat cerita kawan, kalo bayar pajak atau perpanjangan STNK, bisa melaui calo (pihak ketiga) tapi ya pasti minta uang admin lah ya kalau pake calo. Masa saya yang mau bayar pajak kendaraan kakak saya gak bisa.

Bahkan saya sempat disuruh pulang sama petugasnya untuk datang lagi hari berikutnya dan membawa KTP Asli si pemilik kendaraan. Karena rumah saya jauh yaitu di Putri Hijau maka tidak memungkinkan saya untuk pulang, hanya untuk mengambil KTP kakak. Toh kalau saya pulang pasti tidak bisa pulang pergi (pp)  kan ya. Dan pasti akan terlambat dari jatuh temponya.

Saya meyakinkan petugas ditlantas yang bertugas disana kalau saya mahasiswa dan lagi banyak tugas kuliah, jadi saya mohon keringanan dan bantuannya untuk bayar pajak motor yang saya pakai ini. Bahkan saya mau menelpon kakak saya untuk meyakinkan petugasnya.

Petugas ditlantas yang ada disana berjumlah 2 orang. Nah karena saya sudah berdiri agak lama, ditanya ini itulah. Akhirnya saya diperbolehkan membayar pajak dengan syarat tidak mengulangnya lagi. Alhamdulillah akhirnya bisa…

Saya langsung mengumpulkan berkasnya pada petugas samsat dan menunggu anrtian pangilan pembayaran. Prosedur atau Langkah-langkah Membayar Pajak cukup mudah yaitu:

Cara Membayar Pajak, Cara Membayar Pajak Kendaraan, Cara Membayar Pajak Motor, Cara Membayar Pajak Mobil, Langkah-langkah Membayar  Pajak


Syarat Bayar Pajak Kendaraan


Kendaraan Pribadi:
  1. STNK Asli
  2. Bukti Pembayaran Terakhir (SKPD)
  3. KTP Asli atau SIM Asli dan Foto Copi Sebagaimana yang tercantum di STNK
Kendaraan Dinas:
  1. STNK Asli
  2. Bukti Pembayaran Terakhir (SKPD)
  3. Surat Tugas
  4. KTP Asli atau Foto Copi KTP yang diberi tugas
Khusus Angkot:
  1. Foto Copi Izin Trayek

Cukup mudah bukan cara bayar pajak motor kalau kita melengkapi persyaratannya. Sobat tinggal mengumpul berkasnya ke petugas samsat kemudaian menunggu panggilan pembayaran dan pangilan dari pihak ditlantas. Selesai deh..

Hanya saja proses menggu anrtiannya ini yang lama, sampai berjam-jam. Sebenernya di kota-kota besar sudah bisa melakukan pembayaran pajak dengan online, namun di Kota Bengkulu sediri belum ada. Semoga kedepannya ada supaya proses bayar pajak jadi mudah dan effisien dari segi waktu.

Demikin yang dapat kumaseo ceritakan pada kesempatan kali ini mengenai Cara Membayar Pajak Kendaraan di Samsat. Apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan mohon maaf ya. Terimakasih..

2 comments

pas ini, insyaallah minggu depan mau bayar pajak hehe

Reply

siap. Jangan lupa persyaratannya mbak Zefy,,

Reply

Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa komen di blog saya.

Powered by Blogger.